Polsek Wonodadi – Menjaga situasi keamanan tetap aman dan kondusif menjadi salah satu tugas dan tanggung jawab aparat kepolisian. Patroli dialogis salah satu upaya menekan terjadinya tindak kriminalitas, terus dilakukan jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Wonodadi Polres Blitar Kota dengan sasaran tempat yang menjadi pusat keramaian, seperti pertokoan yang melakukan transaksi jual beli. Rabu, (20/09/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan personel Polsek Wonodadi, selain upaya mengantisipasi, juga memastikan situasi tetap kondusif. Seperti dilakukan anggota unit patroli Polsek Wonodadi yang melaksanakan patroli di pertokoan handphone (counter) di jalan raya dalam wilayah kecamatan Wonodadi.

Dalam dialogisnya tersebut, petugas patroli menghimbau pemilik atau pedagang HP maupun masyarakat yang dijumpai untuk selalu meningkatkan kewaspadaan pada saat transaksi, karena banyak kejadian kejahatan berupa pencurian HP yang diletakkan pada dashboard motor, dalam dialogisnya menekankan agar lebih berhati hati dan tetap waspada jangan sampai menjadi korban kejahatan. Selain itu juga menghimbau kepada pemilik counter HP untuk berhati hati ketika melayani pembeli karena biasanya pelaku pencurian tidak sendirian dan selalu mengalihkan perhatian, agar bisa mengambil HP tanpa di ketahui pemilik. Maka sangat disarankan agar di pasang CCTV di sejumlah titik untuk mempermudah pengawasan apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti pencurian.

“Sangat disarankan memasang CCTV demi keamanan toko dan itu juga akan memudahkan pihak Kepolisian untuk mengungkap kasus jika terjadi tindak pencurian, dan saya menyarankan dalam melayani pembeli lebih dari 2 orang karena biasanya pelaku pencurian akan mengalihkan perhatian penjaga toko supaya mudah melakukan aksinya”, jelas petugas patroli.

Kapolsek Wonodadi Iptu Suhariyanto, S.H, M.M menyampaikan, Tujuan patroli agar situasi dan kondisi kamtibmas di wilayah kecamatan Wonodadi terus kondusif, serta kepada masyarakat diharap membantu pihak Kepolisian dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif. Keamanan bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat kepolisian saja, namun dibutuhkan juga kerja sama dan bantuan dari warga untuk mewujudkannya.