Patroli di Swalayan Modern Desa Kalipucung Kecamatan Sanankulon.

Sanankulon – Seiring dengan perkembangan zaman dan mobilitas penduduk yang kian tinggi, maka hadirnya toko modern atau swalayan akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Namun demikian sejalan itu pula maka ancaman terhadap stabilitas keamananpun kian meningkat. Hal inilah yang terus diantisipasi atau dicegah oleh Polri. Memang tanggungjawab keamanan tidak bisa diserahkan begitu saja kepada petugas. Oleh sebab itu maka langkah yang efektif untuk memelihara siskamtibmas adalah dengan patroli dialogis.

Petugas sedang berdialogis dengan kasir swalayan.

Karena dengan metode dialogis ini mampu untuk memberikan pemahanam kepada warga masyarakat bahwa keamanan adalah tanggungjawab kita bersama. Menyampaikan pesan pesan kamtibmas berupa anjuran pemasangan perangkat cctv sebagai standart keamanan.

Kapolsek Sanankulon AKP Mulyani SH selalu menekankan akan pentingnya patroli, terlebih patroli dengan metode hunting atau dialogis pada sasaran sasaran tertentu. Kegiatan patroli ini juga dilaksanakan pada jam rawan kriminalitas. Obyek patroli ini meliputi Pertokoan dan pusat-pusat keramaian lain yang berpotensi terjadi gangguan keamanan bahkan kriminalitas. Petugas saat berpatroli tidak hanya singgah sesaat, namun meluangkan waktu yang cukup untuk dialogis. Hal hal atau topic kamtibmas bias disampaikan kepada siapa yang ditemui termasuk misalnya petugas keamanan setempat. Disisi lain keberadaan petugas dilapangan dengan waktu yang cukup mampu mencegah aksi kejahatan. Kapolsek juga selalu mengingatkan kepada segenap anggota untuk tidak segan-segan berhenti sejenak pada obyek atau sasaran. Dialogis dan bincang-bincang dengan sasaran merupakan langkah yang efektif untuk menyaring atau mendengarkan informasi-informasi yang dapat ditindaklajuti oleh Polri sehingga situasi kondusif dan menekan angka kriminalitas di wilayah hokum Polsek Sanankulon.