Sehubungan dengan maraknya kasus PMK yang banyak merebah di berbagai wilayah di Indonesia, Polsek Udanawu terus menggerakkan Bhabinkamtibmas ke Desa-desa untuk melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak. Karena untuk mengetahui upaya dan solusi dari setiap kunjungan. Selasa, 4 Oktober 2022.

Bersama dengan Babinsa dan Dinas peternakan Kab. Blitar, Bhabinkamtibmas Polsek Udanawu menyambangi kandang sapi milik warga Desa Ringinanom. Petugas memberikan himbauan untuk selalu mengecek mulut apakah berlendir, sapi apakah lemas tidak mau makan. Agar supaya tetap diberikan perawatan intensif seperti dengan vitamin.

Sebab hal yang paling jitu dalam menghadapi PMK adalah perawatan ekstra sehingga sapi dapat nutrisi dan kebersihan yang tepat, guna menghindari dari virusnya yang bisa menyebar lewat sentuhan dan udara. Setelah melakukan pengecekan diharapkan orang atau manusia segera membersihkan diri. Agar virusnya tidak menyebar kemanapun.

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos “patroli untuk pengecekan hewan ternak harus selalu dilakukan sampai virus PMK benar-benar hilang , anggota Polsek Udanawu sudah ditugaskan untuk pencegahan dan antisipasi PMK di wilayah Udanawu. ” Ujar Kapolsek Udanawu lakukan