kunjungan-panglima-tniBLITAR, PROKLAMATOR-Jelang Peringatan ulang tahun TNI ke 71 Tahun 2016, Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo, berziarah ke makam Presiden pertama RI, Ir.Soekarno, di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar, Selasa (27/9/2016).

Ikut hadir dalam agenda ini petinggi TNI diantaranya, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Agus Supriatna, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Ade Supandi, dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Mulyono.

Hadir pula pejabat daerah Blitar, Bupati Blitar Rijanto, Walikota Blitar Muh.Samanhudi Anwar, Dandim 0808 Blitar Letkol Arh Surya Dani, Danyon 511 Mayor Inf Dody Novianto, Kapolres Blitar AKBP Slamet Waloya, Kapolres Blitar Kota AKBP Rendra dan segenap unsur SKPD dan Forpimda Blitar Raya.

Kegiatan ziarah tersebut diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga oleh Panglima TNI. Pada ziarah tersebut, Panglima TNI melaksanakan tabur bunga di pusara Bung Karno.

Jendral TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, Kegaiatan ziarah ini dilaksanakan setelah TNI melakukan rapat Staf. Dalam rapat itu diputuskan TNI akan melaksanakan ziarah ke makam-makam presiden dan panglima tertinggi dalam rangka peringatan HUT  TNI ke 71.

Secara undng-undang menurut Gatot, presiden merupakan panglima tertinggi yang menguasai angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara.

“Setelah rapat diputuskan adanya ziarah kepada mantan panglima tertinggi, makam Bung Karno ini adalah tujuan pertama, berikutnya rombongan ini akan ke Makam Gus Dur, ke makam Mantan Presiden Soeharto dan terakhir ke makam panglima TNI pertama, Jendral Soedirman,” terangnya.

Tujuan ziarah ini menurut Gatot, agar pada generasi muda TNI tidak melupakan sejarah dan bisa mencontoh spirit perjuangan para pejuang yang telah gugur.

“Bung Karno pun pernah mengatakan, perjuanganku tidaklah sulit karena melawan penjajah. Namun perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri, contohnya demikian,” imbuhnya.

Gatot Nurmantyo menegaskan, berdasarkan Peraturan Panglima (Perpang) TNI, ziarah ini akan menjadi tradisi yang akan rutin dilakukan setiap tahun oleh Panglima TNI.

“Setelah diterbitkannya Perpang, ziarah tidak akan dilaksanakan oleh saya saja. tapi oleh Panglima TNI setelah saya,” tutupnya.(Rfk)