Polsek Wonodadi – Menjaga keamanan suatu wilayah menjadi tanggung jawab aparat kepolisian. Baru baru ini Polres Blitar berinovasi dengan mengadakan lomba satkamling. Bertempat di poskamling kanalan desa Gandekan kecamatan Wonodadi telah dilaksanakan kegiatan penilaian lomba Satkamling Polres Blitar Kota (Polda Jatim) dalam rangka HUT Bhayangkara Ke 77 Tahun 2023. Kamis (24/05/2023 ) malam.

Dalam kegiatan penilaian Satkamling tersebut dihadiri Kepala Desa (Kades) Gandekan beserta perangkat, Petugas jaga di poskamling, Warga lingkungan masyarakat Rt. 01 Rw. 03 desa Gandekan, Kapolsek Wonodadi Iptu Suhariyanto, Iptu Ali dan Bhabinkamtibmas desa Gandekan.

Kriteria dari penilaian ada 5 aspek yaitu pertama administrasi kegiatan pos kampling, kedua Pos kampling itu sendiri, ketiga kelengkapan peralatan pos kampling, keempat simulasi kentongan dan kelima penyajian cara penaganan kasus jenjang pola laporan jika terjadi kasus dan penyajian/praktek beladiri.

Kapolsek Wonodadi Iptu Suhariyanto, S.H, M.M mengatakan bahwa salah satu tujuan utama diselenggarakan lomba Satkamling diwilayah hukum Polres Blitar kota ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap adanya gangguan kamtibmas.

Selain itu, lomba Satkamling tersebut juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-77 yang jatuh pada 1 Juli 2023 mendatang.

Lebih lanjut, Iptu Suhariyanto menjelaskan bahwa penilaian lomba Satkamling di wilayah hukum Polres Blitar Kota ini akan dilaksanakan selama 7 hari dari tanggal 23 Mei sampai dengan 30 Mei 2023.

“Tadi malam, Polres Blitar Kota sudah melaksanakan penilaian diwilayah Polsek Wonodadi tepatnya di Pos Kamling kanalan desa Gandekan,” kata Kapolsek Suhariyanto saat dikonfirmasi secara terpisah.

“Kemudian, bagi yang mendapat juara 1 pada perlombaan Pos Satkamling tersebut, nantinya akan di tampilkan di tingkat Polda Jatim, “ jelasnya.

Kami berharap, kegiatan ini dapat memotivasi kepada warga sekitar untuk lebih meningkatkan kegiatan ronda malam atau Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di lingkungan masing – masing, sehingga terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, karena keamanan bukan hanya menjadi tugas pihak kepolisian, melainkan keamanan adalah tanggung jawab kita bersama,” tambahnya.

Pihaknya meminta kepada seluruh lapisan masyakarat, khususnya untuk aktivitas ronda malam ini, diharapkan bisa memotivasi dan akan menjadi aktivitas rutin setiap malam berikutnya, guna menekan aksi kejahatan dan potensi gangguan kamtibmas lainnya menjelang Pemilu 2024,“ pungkasnya.