Polres Blitar Kota – Personil polsek ponggok Kanit Reskrim IPTU Budi Agus Santoso, SH bersama anggota melakukan pengecekan harga sembako di pasar Cangkring. Sudah menjadi sebuah hal yang wajar jika harga sembako akan meningkat terus menerus seiring bulan puasa yang datang. Hal ini dikarenakan kebutuhan bahan pokok yang meningkat apalagi menjelang hari lebaran tiba, sehingga membuat kebanyakan pedagang menaikkan harga jual demi mendapatkan keuntungan yang sangat tinggi. Sabtu (4/5/2019).

Namun terkadang harga sembako yang meningkat ini juga dikarenakan permintaan konsumen yang meningkat namun sayangnya supply barang tidak mencukupi sehingga membuat barang langka dan harga menjadi meningkat.

Padahal jika kebutuhan dapat tercukupi, maka bisa saja tidak ada peningkatan harga sembako di bulan yang suci ini. Tentunya kondisi ini banyak membuat konsumen yang sebagian besar ibu ibu rumah tangga harus memikirkan bagaimana memenuhi kebutuhan tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menekan kenaikan harga bahan pokok selama bulan puasa, entah itu dari pihak pemerintah ataupun masyarakat dapat mengatasi permasalahan tersebut.

Di tempat terpisah Kapolsek Ponggok AKP Mujianta, SH melalui kasi humas polsek ponggok menjelang puasa untuk mengatasi pedagang pedagang nakal yang sering menimbun bahan bahan pangan yang nantinya bisa dijual lebih tinggi dari harga pada umumnya. Perlunya melakukan operasi ke pasar pasar agar menekan kecurangan harga serta menyuntikkan kebutuhan barang barang agar harga bahan pokok tetap dapat stabil, menjelang bulan Ramadhan dan hari Raya Idul fitri, ungkapnya.

(Hms/aluk)