Polsek Sanankulon – Bripka Winarto selaku Bhabinkamtibmas Kampung Tangguh semeru Desa Kalipucung kecamatan Sanankulon hari ini bersama dengan tim relawan Covid-19 melaksanakan pelatihan penggunaan Alat Pelindung Diri atau APD dengan benar. Jumat, 12 Juni 2020. Bertempat di Posko Kampung Tangguh Semeru, semua peralatan APD akan dilatihkan penggunaannya kepada relawan yang bertugas sebagai tenaga pemulasaran jenazah apabila ada warga masyarakatyang meninggal ditengah pandemi ini.

Ketua tim kesehatan dari Puskesmas Sanankulon Bp. Hardjito menjelaskan tata cara penggunaan APD yang benar sekaligus cara melepaskanya ketika sudah digunakan. Bp. Hardjito memulai dengan cara pemakaian urut mulai dari apron hingga sepatu dan pelindung wajah. Yang tidak kalah penting adalah cara melepas atau membuka APD setelah selesai digunakan, ini sangat penting karena jangan sampai ada virus yang menempel dan kita menyentuh bagian itu makanya ada caranya. Karena sangat riskan, pelatihan pemakaian dan pelepasan ini diulang berkali kali hingga relawan benar benar menguasai cara memakai hingga melepaskannya dengan benar dan aman.

Terpisah Kapolsek Sanankulon mengatakan bahwa dengan pelatihan yang diberikan oleh ketua tim kesehatan ini diharapkan para relawan dapat memahami apa yang didapatkan dalam pelatihan tersebut dan menjalankannya dilapangan saat melaksanakan tugasnya. Pelatihan ini agar para relawan Covid-19 dan bagi masyarakat mengetahui dan menguasai cara menggunakan APD yang benar. Kita harus senantiasa siap dalam menghadapi segala kemungkinan yang terjadi sehingga tenaga relawan sudah dipastikan mampu dan menguasai penanganan terhadap pemulasaran jenazah ditengah pandemi ini. tutur Kapolsek Sanankulon.