Dalam mengantisipasi maraknya kejadian penipuan lewat ATM perbankan Aipda Roni Agus Sulistiyo dan Bripka Agus Sugiarto melaksanakan patroli di ATM perbankan sambil berdialogis dengan warga masyarakat pengunjung atau pengguna ATM perbankan tersebut. Kamis, 19/12/2019.

Kali ini Aipda Roni Agus Sulistiyo bersama satu anggota Bripka Agus Sugiarto melakukan dialogis dengan pengunjung ATM yang sedang antri di luar Ruang ATM sambil menghimbau agar berhati-hati hati saat bertransaksi dengan orang yang tidak di kenal, karena sekarang ini marak sekali terjadi penipuan lewat telepon seluler yaitu ada seseorang yang memberitahukan bahwa telah mendapatkan hadiah dari suatu perusahaan tertentu atau yang mengatasnamakan Bank BRI, Mandiri, BNI ataupun Bank – bank lainnya.

Biasanya pelaku menggiring calon korban untuk pergi ke ATM terdekat untuk menerima transfer uang hadiah tersebut, akan tetapi bagi orang awam atau orang desa biasanya selalu nurut apa kata pelaku dimana sewaktu memasukkan ATM ke dalam mesin ATM pelaku memandu calon korban dengan menggunakan telepon seluler atau handphone, tanpa mereka sadari bahwa korban di pandu untuk menekan apa yang diperintahkan oleh pelaku penipuan tersebut yang akhirnya tanpa sadar korban telah mentransfer sejumlah uang kepada pelaku.

Yang akhirnya baru sadar setelah saldo milik korban berkurang dan merasa di tipu oleh pelaku dan saat lapor ke Polsek korban mengaku telah menjadi korban gendam lewat telepon seluler.

Dengan seringnya patroli dialogis dengan masyarakat secara langsung dapat mencegah terjadinya korban kejahatan karena masyarakat telah menerima himbauan maupun pesan pesan Kamtibmas dari petugas polisi yang berpatroli.