Kegiatan Kepolisian untuk meningkatkan pelayanan kepada warga masyarakat Udanawu salah satunya dengan patroli antisipasi bencana alam, kali ini antisipasi dengan memantau di area sungai wilayah Udanawu. Tepatnya sungai jembatan Desa Tunjung yang berbatasan dengan Desa Jati dan Temenggungan. Ditujukan untuk cegah bencana alam banjir meskipun mulai ada peralihan musim. Rabu, 17 Mei 2023.

Sudah bulan Mei intensitas hujan menurun dikarenakan peralihan musim dari penghujan ke musim kemarau. Namun patroli tetap dilaksanakan karena terkadang malam juga masih hujan dan gerimis. Untuk itu patroli Kepolisian ke arah sungai-sungai wilayah Udanawu sangat penting karena dapat melihat langsung kondisi sungai dan debit air yang sekarang sedang landai.

Meskipun hanya normal saja namun ini juga perlu menjadi perhatian agar tidak banjir dan juga tidak mengering atau musim kering. Jadi warga masyarakat yang memiliki sawah tetap mendapatkan kiriman air seperti biasanya. Untuk saat ini landai-landai saja mengingat belum hujan. Namun masyarakat juga tetap waspada khususnya di bidang persawahannya, ini akan menjadi bahan evaluasi pimpinan dalam menentukan tindakan selanjutnya untuk memperoleh hasil yang baik.

Masyarakat juga cukup atensi terhadap kedatangan polisi. Selain bertugas dalam bidang hukum juga mengayomi masyarakat dengan mengunjungi tempat sungai dan persawahan wilayah Udanawu. Menunjukkan polisi sangat dekat dengan masyarakat, masyarakat dihimbau untuk membantu tugas Kepolisian dengan cara memberi informasi bilamana ada kejadian yang terduga maupun tidak terduga agar bisa cepat diatasi dan ditangani, bisa melalui phone maupun langsung ke kantor polisi terdekat.

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S. Sos “masih dengan situasi Kamtibmas yang baik saat ini namun dengan bergantinya musim kita perlu perhatian di wilayah sungai yang akhir-akhir jarang hujan jadi sangat sampai airnya meluap maupun kekeringan. Jadi patroli dari Polsek akan terus putar-putar untuk memantaunya. ” Ujar Kapolsek Udanawu