Polsek Sanankulon – Petugas patroli Polsek Sanankulon melaksanakan pengecekan dikawasan Kampung Tangguh Semeru Desa Kalipucung Kecamatan Sanankulon. Pengecekan ini rutin dilaksanakan sebagai upaya optimalisasi peran serta fungsi Kampung Tangguh Semeru yang berada di Desa. Pengecekan ini terhadap segala kegiatan yang diselenggarakan oleh para relawan yang berada di Kampung Tangguh Semeru. Sesuai dengan tujuannya, terbentuknya kampung tangguh ini adalah berkat peran aktif masyarakat ditengah pandemi Covid-19 sebagai upaya masyarakat untuk bisa mencegah penyebaran virus sekaligus menghadapi dan menyelesaikan permasalahan permasalahan yang berkaitan dengan Covid-19 secara mandiri dengan mengoptimalkan dan memanfaatkan sumber daya yang ada di lingkungan masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut Bripka Winarto selaku Bhabinkamtibmas memerikan arahan tentang peran Kampung Tangguh dalam upaya pencegahan dan penanggulangan wabah Covid-19, diantaranya yaitu untuk meningkatan kesadaran dan kedisiplinan warga sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 hingga tingkat RT dan RW. Kita akan monitor pelaksanaan giat Kampung Tangguh termasuk kegiatan didalamnya berupa Check Point pemeriksaan warga dari luar wilayah dan warga setempat dengan cara pemeriksaan suhu tubuh dan memberikan masker bagi warga yang tidak mengenakan masker. Melakukan pengecekan ruang isolasi karantina serta ketersedian bahan pokok makanan di lumbung pangan Kampung Tangguh.

Terpisah Kapolsek Sanankulon AKP Wahono mengatakan bahwa keberadaan Kampung Tangguh Semeru Desa Kalipucung kecamatan Sanankulon ini sebagai wahana edukasi bagi warga masyarakat setempat dalam mengatasi persoalan atau masalah yangg timbul berkaitan dengan Covid 19 ini. Selain itu, KTS atau Kampung Tangguh ini sebagai upaya warga masyarakat dalam menyongsong tatanan kehidupan baru yaitu pola hidup sehat sehari hari ditengah pandemi atau kerap disebut dengan New Normal. Semoga dengan adanya KTS ini warga masyarakat menjadi sadar dalam kemandirian dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat guna percepat pemulihan kondisi masyarakat ditengan pandemi. pungkas Kapolsek.