Penerapan Protokol Kesehatan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona menjadi salah satu penekanan dalam pelayanan di Polres Blitar Kota. Salah satunya menggunakan masker dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19 bahkan petugas lakukan operasi Yustisi, rupanya ada pula masarakat yang kurang patuh atau mengabaikannya.

Seperti yang terjadi hari Sabtu pagi (29/05) di tempat ujian Teori SIM Polres Blitar Kota, seorang pria paruhbaya warga desa Suruhwadang Kec.Kademangan Kab.Blitar ini, kedapatan menggunakan saputangan ĺusuh batik Coklat sebagai masker. Kasat Lantas Polres Blitar Kota AKP Tri Nuartiko, SH bersama anggotanya mengganti saputangan yang digunakan sebagai masker yang sesuai standar kesehatan saat lakukan kliling di ruangan pelayanan SIM sambil memberi penjelasan tentang Protokol kesehatan, termasuk menggunakan masker yang sesuai standart kesehatan.

Kasat Lantas Polres Blitar Kota AKP Tri Nuartiko, SH dengan seizin Kapolres Blitar Kota mengatakan, Kita selaku pelayan juga memperhatikan Kesehatan masyarakat yang sedang ada keperluan di Polres Blitar Kota, hal itu sesuai dengan Prokes, jadi kita perhatikan setiap masarakat yang memerlukan pelayanan di Polres Blitar Kota, seperti tadi rekan rekan tau, salah satu masyarakat yang mengurus sim kedapatan hanya menggunakan saputangan yang dijadikan masker, maksudnya bagus tapi tidak higienis, mungkin karena ketidak tauannya saja, yang penting maskeran sudah di anggap benar.

AKP Tri Nuartika menambahkan pihaknya terus menerus melakukan upaya pelaksanaan Prokes setiap pagi selain mengatur Arus Lalu Lintas di sudut sudut jalan di wilkum Polres Blitar Kota, termasuk di Terminal Patria, memberi Himbauan tentang 5 M termasuk gunakan Masker. Sedang Tumidi saat menunggu giliran untuk ujian teori tanpa sadar tetap mengenakan masker saputangan yang lusuh, juga saat ketika menghadapi Komputer. AKP Tri Nuartiko langsung menyuruh melepas masker Saputangannya untuk di ganti Masker baru, setelah mendapat pengertian dari Kasat Lantas, petugas memasang masker kepada Tumidi.

Tumidi merasa senang dan mengapresiasi atas pelayanan yang ada di Polres Blitar Kota khususnya di pelayanan SIM. Matur nuwun Pak, saestu boten ngertos yen masker saputangan boten pareng tutur Tumidi setelah dipasang Masker, dengan Sopan Pak tua ini minta masker lagi, oleh Kasat Lantas di beri tambahan tiga masker.

Kapolres Blitar Kota AKBP Dr. Yudhi Hery Setiawan S.IK .M.SI merasa bangga dengan sikap masarakat yang patuh Protokol Kesehatan, apa lagi setiap Kelurahan bahkan setiap RW/RT di wilayah Kota Blitar ada PPKM Mandiri. Masih bisa kita toleransi sedikit kelalaian tanpa maksud dengan kesengajaan melanggar prokes hanya mungkin karena ketidak tahuan mereka tentang standar penggunaan masker tutupnya usai melakukan olah raga bersama.