WONODADI_

Kapolsek Wonodadi AKP Yoni Sugiarto beserta anggota menghadiri penilaian lomba Pos Kamling di wilayah Kec Wonodadi yaitu Pos Kamling Desa Kaliboto Rt 04 Rw 01. Selasa, (25/06/2019)

Penilaian meliputi dari segi bangunan Pos Kamling, kelengkapan Petugas Pos itu sendiri seperti buku mutasi, senter, tongkat, borgol, bet petugas Kamling, racun api (pemadam api), buku mutasi, jam dinding, pengeras suara dan alat komunikasi, senter, peluit, pentungan, jas hujan dan borgol.

Selain itu juga team penilai dari Sat Binmas menjelaskan mengenai tata cara memukul lonceng yang baik dan benar serta cara melakukan penangkapan terhadap orang dalam situasi mendesak.

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar, SIK,M.Si. melalui Kapolsek Wonodadi AKP Yoni Sugiarto menyampaikan bahwa perlombaan Siskamling dalam rangka hari Bhayangkara ke-73. “Ini diselenggarakan untuk memberikan semangat serta lebih menggiatkan keberadaan dan pelaksanaan serta tugas fungsi Pos Kamling,” terangnya.

Kapolsek mengungkapkan, Pos Kamling memiliki banyak fungsi. Tidak hanya sebagai Pos Pengamanan disuatu pemukiman namun juga sebagai tempat memberikan bantuan atau pertolongan pertama kepada warga.

Pos Kamling juga sarana petunjuk bagi masyarakat atau tempat bertanya apabila ada warga yang tersesat atau mencari alamat.

“Dengan tugas fungsi Pos Kamling sebagai pengamanan dan juga pelayanan kepada masyarakat, Pos Kamling diibaratkan sebagai Pos Polisi kecil yang berada di suatu pemukiman atau RT,” terangnya