Musik patrol merupakan salah satu kesenian tradisi yang telah lama berkembang di Jawa Timur. Terlebih saat bulan Ramadhan, memainkan musik patrol biasanya dilakukan untuk membangunkan orang dari tidur supaya segera sahur atau ronda sahur.

Sebagai upaya pelestarian tradisi ini, Kapolres Blitar Kota mengadakan lomba musik patrol yang berkompetisi merebutkan piala KapolrestaCup dan diikuti oleh segenap jajaran Polres Blitar Kota. Lomba ini juga dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara serta HUT Mayangkara.

Kapolsek Sanankulon AKP Mulyani SH membenarkan adanya kegiatan lomba ini, ditengah maraknya ronda keliling kampung yang mengalami pergeseran fungsi karena menggunaka peralatan atau pengeras suara yang berlebihan, yang justru akan mengganggu ketertiban umum, musik patrol adalah solusi yang tepat untuk mengembalikan fungsi ronda itu sendiri.

Karena musik patrol ini menggunakan alat-alat musik tradisional berupa kentongan dan alat musik pukul lainnya. Partisipasi dan semangat Kapolsek Sanankulon dalam mengikuti lomba ini terlihat dari kepeduliannya bersama sama Bpk. Camat Sanankulon serta anggota BBKTM untuk latihan bersama dengan kelompok-kelompok musik patrol. Dari kontingen Sanankulon, terdapat 4(empat) kelompok musik patrol yang masing-masing bernama grub Margo Rukun dengan ketua Bpk. Agung, grub Sido Dadi dengan ketua Bpk. Hanif, grub Rukun Santoso dengan ketua Bpk. Marsidi dan grub Guyub Rukun dengan ketua Bpk. Badri. Masing masing grub ini beranggotakan 7 orang yang siap meramaikan lomba musik patrol KapolrestaCup. Pungkas Kapolsek…mly…