Polsek Sanankulon – Kapolsek Sanankulon AKP Agus Hendro Tri S, SH melepas peserta lomba gerak jalan tingkat pelajar Sekolah Dasat se Kecamatan Sanankulon. Sabtu, 31 Agustus 2019 pukul 07.30 wib. Kegiatan lomba gerak jalan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun 2019 yang di ikuti oleh 48 regu atau pleton terdiri dari 24 pleton Putra dan 24 pleton putri. Adapun route lomba gerak jalan ini start di Monumen tugu Desa Sumberjo hingga Finish di Lapangan Desa Sumber dan menempuh jarak kurang lebih 3 Km.

Dalam sambutannya Kapolsek mengatakan bahwa lomba gerak jalan ini banyak manfaatnya, salah satunya adalah dapat mendidik generasi muda tentang nilai-nilai kedisiplinan serta memaknai pentingnya persatuan dan kekompakan. Kegiatan baris-berbaris jangan hanya dilihat dari segi fisiknya, namun bagaimana memaknainya sebagai bentuk pembelajaran kedisiplinan, nilai kebangsaan dan patriotisme.

Tak berhenti disitu, anggota Polsek Sanankulon juga terlibat sebagai juri dalam lomba gerak jalan ini. Bripka Suyatni ditunjuk sebagai tim penilai yang bergabung dengan TNI/Koramil Sanankulon dan dari UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sanankulon. Seluruh regu atau peserta yang tampil dilakukan penilaian dengan teliti untuk menentukan regu mana yang berhak menjadi juara dari berbagai aspek atau kriteria penilaian. Ketua Panitia Peringatan HUT Kemerdekan Dinas Pendidikan Kecamatan Sanankulon mengatakan bahwa pihaknya memang meminta juri dari TNI dan Polri dalam melakukan penilaian lomba baris berbaris ini. Hal tersebut karena personel dari institusi itu dinilai memiliki pengetahuan lebih dalam tentang PBB (Peraturan Baris Berbaris) sehinga diharapkan hasil penilaian peserta bisa lebih objektif.