Polsek Sanankulon – Saat sekarang masyarakat kita sedang menghadapi pandemi virus corona, namun demikian kepedulian Pemerintah akan kondisi masyarakat dengan mendistribusikan berbagai macam bantuan baik berupa bahan pokok pangan hingga dalam bentuk tunai. Melimpahnya program bantuan sosial atau bansos bagi masyarakat yang terdampak Virus corona ini berpotensi salah atau kurang tepat sasaran. Oleh sebab demikian, Kapolsek Sanankulon AKP Wahono beserta anggota turun langsung ke desa desa guna mengecek pendistribusian bantuan sosial berupa uang tunai kepada warga masyarakat. Sabtu, 9 mei 2020 di Kantor Desa Plosoarang Kecamatan Sanankulon.

Kapolsek Sanankulon sedikit menjelaskan bahwa membludaknya aneka bansos membuat pendataan untuk bansos tunai menjadi terbengkalai. Sebab, fokus petugas pendataan di lapangan menjadi terpecah. Imbasnya bantuan tunai ini relatif terlambat diterimakan kepada keluarga penerima manfaat/KPM. Karena petugas yang melaksanakan pendataan harus benar benar teliti dalam memasukkan data penduduk ke database penerima bantuan sosial tunai yang belum tercover bantuan apapun dari peerintah pusat maupun daerah. Sehingga dalam proses pendataannya pun memerlukan waktu yang relatif lama guna memastikan penduduk tersebut belum terduplikasi dengan bantuan yang lain. “Ini memang karena bansos datang disaat bersamaan turunnya, sehingga aparat di bawah kesulitan dalam pendataan penerimanya” ungkap Kapolsek.

Kapolsek juga menekankan kepada segenap anggota Bhabinkamtibmas untuk terus memonitor pendistribusian bantuan sosial tunai dari pemerintah kepada warga masyarakat terdampak akibat situasi pandemi virus corona ini. Lebih peka untuk saring informasi yang berkembang dimasyarakat apabila masih ditemukan warga kurang mampu yang belum terdata sehingga warga tersebut belum tercover bantuan apapun dari pemerintah saat pandemi ini. Kapolsek Sanankulon melalui anggota Bhabinkamtibmas yang ada di desa juga menghimbau kepada warga masyarakat yang mampu namun mendapat bantuan atau bagi masyarakat yang ganda atau mendapatkan lebih dari satu jenis bantuan dari pemerintah agar dengan kesadarannya melaporkan kepada petugas desa atau RT sehingga penerima manfaat atas bantuan pemerintah ini banar benar tepat sasaran kepada warga masyarakat yang kurang mampu atau belum tercover bantuan sama sekali dari pemerintah disaat pandemi Covid-19 ini. pungkas Kapolsek Sanankulon.