Imunisasi itu wajib. Apalagi ini demi mencegah anak-anak terinfeksi Campak dan Rubella yang risikonya bisa fatal. Imunisasi Rubella sebenarnya sudah ada sebelumnya, namun yang melakukannya hanya sedikit karena dulu imunisasi dilakukan atas inisiatif pribadi, dan berbiaya mahal karena pengadaannya dilakukan oleh dokter spesialis anak. Maka sebagai wujud tanggung jawab Pemerintah dalam hal kesehatan, pada bulan September 2017 ini,

Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan mencanangkan kampanye imunisasi Campak dan Rubella (Measles Rubella/ MR) GRATIS, dan itu ditujukan untuk anak-anak usia sekolah maksimal 15 tahun dan diadakan di sekolah-sekolah (SD/MI/ Sederajat, SMP/MTS/sederajat). Demi mendukung Pemerintah dalam mencegah virus ini, jajaran Muspika Sanankulon bersama Puskesmas Sanankulon melaksanakan Imunisasi Campak dan Rubella secara gratis kepada siswa siswi tingkat Sekolah Dasar dan sederajat dan Sekolah Menengah Pertama dan sederajat di lingkungan Dinas Pendidikan Kec. Sanankulon.

Dari pelaksanaan kegiatan ini sejumlah kurang lebih 650 siswa dari SMPN 1 Sanankulon, 35 siswa dari SDN 01 Sanankulon telah mendapatkan Imunisasi ini.

Kapolsek Sanankulon AKP. Mulyani, SH. membenarkan bahwa hari ini Selasa tanggal 19 September 2017 bersama jajaran terkait melaksanakan Imunisasi dengan sasaran adik-adik generasi penerus Bangsa dengan harapan Indonesia terbebas dari penyakit yang disebabkan oleh virus ini. Kapolsek juga menambahkan bawasannya mencegah lebih baik daripada mengobati.