Polsek Sanankulon – Dampak sosial yang ditimbuklkan dari virus corona atau Covid-19 dalam kehidupan sosial masyarakat diantaranya adalah timbulnya rasa curiga dan hilangnya kepercayaan terhadap orang-orang yang ada di seputaran kita atau yang baru kita kenal. Bahkan kecurigaan itu berlanjut kepada sikap diskriminasi yang ditujukan kepada mereka dengan status ODP atau orang dengan pantauan atau bahkan warga masyarakat yang negatif. Sikap acuh warga masyaraat terhadap anjuran pemerintahpun seringkali memperburuk keadaan, suatu misal warga masyarakat enggan menggunakan masker, bahkan batuk sembarangan, hal ini tentu menimbulkan kecurigaan, kita pun terkadang cepat menghindar. Masalah ini tentu akan membuat yang bersangkutan merasa tersinggung, apalagi kalau ada yang mengatakan bahwa itu corona, tentu langsung meninggalkan atau menjauhinya.

Oleh sebab demikian, salahsatu warga masyarakat yang semula berstatus ODP dan sudah menjalani perawatan medis di rumah sakit selanjutnya dinyatakan negatif covid mendapat dukungan moral dan support semangat dari semua pihak, tak terkecuali Polsek Sanankulon. Kapolsek bersama anggota dan Kepala Desa setempat mengunjungi rumah salah satu warga tersebut kemudian memberikan dukungan agar tetap semangat dalam menjalani kehidupan sehari hari dalam bermasyarakat. Tak berhenti disitu, kami juga memberikan tali asih sebagai wujud kepedulian serta rasa empati. ungkap Kapolsek.

Kapolsek Sanankulon AKP Wahono menambahkan bahwa dalam menghadapi pandemi ini kita harus tetap waspada serta tetap mematuhi anjuran pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan dalam segala bidang kehidupan, baik di dalam maupun saat beraktifitas diluar rumah. Bagaimanapun juga mencegah itu lebih baik daripada mengobati, sehingga langkah konkret yang harus ditempuh sebagai bentuk antisipasi adalah membangun kerja sama yang baik dengan keluarga dan lingkungan sekitar. pungkas Kapolsek Sanankulon.