Kapolsek Dan Anggota Koramil Cek Rel dan Palang Pintu Perlintasan Kereta Api

SRENGAT- Kapolsek Srengat Polres Blitar Kota, bersama Anggota Koramil. pada Selasa (05/06/2018) mengintensifkan pemeriksaan kondisi rel kereta api dan palang pintu perlintasan kereta api, di jalur wilayah Desa Kandangan Srengat Blitar, menjelang musim mudik lebaran Idul Fitri 1439 H. Pemeriksaan dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya sabotase dan gangguan keamananan.

Dalam pemeriksaan tersebut, petugas memulai dari jalur wilayah Srengat Kabupaten Blitar, petugas tidak menemukan adannya bantal atau mur dan baut yang bermasalah, di jalur pelintasan utama Kereta Api dari wilayah Desa Ngaglik, Desa Kandangan dan Desa Selokajang wilayah Blitar.

Kapolsek Srengat Kompol Putut Suhermanto. SH menjelaskan, tujuan pengecekan rel maupun jalur perlintasan kreta Api yang tidak ada palangpintunya anggota Polsek Srengat, anggota Koramil dan petugas KA I bekerjasama siap mengamankan jalur kereta yang akan dilalui para pemudik. Sehingga kereta bisa melintas dengan lancar.

“Pengecekan rel maupun perlintasan palangpintu ini untuk pengamanan hari raya Idul Fitri, pasalnya jalur kereta yang melewati Stasiun Blitar Kota sampai wilayah Polsek Srengat masih bayak perlintasan kreta api yang tidak ada palangpintunya, diperkirakan terjadi kepadatan pada jalan2 perlintasan yang tidak ada palangpintunya,” jelas Kompol Putut Suhermanto. SH, Selasa (05/06/2018).

Menurutnya, selain mengecek kondisi rel maupun jalur perlintasan kreta api para petugas kepolisian bersama anggota Koramil mengecek sejumlah kesiapan dari petugas PT KAI dalam menyambut arus mudik tahun ini.

“Jauh hari semua harus di persiapkan sehingga nantinya para pemudik bisa nyaman selama perjalanan mudik” ucapnya.

Sedangkan untuk tahap pengecekan lanjutnya, pihaknya akan secara intensif berkerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia, melakukan pengecekan secara terus menerus hingga pelaksanaan arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2018 ini.

“Secara berkala nantinya akan kita cek,sehingga bisa lancar. Nanti anggota bekerjasama dengan Petugas KAI juga akan ada yang jaga/patroli” imbuhnya.

Kapolsek menambahkan selain pengecekan rel petugas juga mengecek sejumlah perlintasan kereta api tanpa ada palang pintu. Hal ini tentu akan membahayakan para pengendara yang menyeberang.

“Masyararakat kami himbau agar selalu berhati hati saat melintas di perlintasan tanpa palang pintu, sebab sudah banyak laka kereta yang korbannya hingga meninggal,” pesannya.

Pengecekan di lakukan sepanjang rel di jalur wilayah Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar, hingga arah perbatasan wilayah Kabupaten Tulongagung, dalam kondisi aman. Tidak ada sesuatu yang mencurigakan. Para petugas juga melakukan pengecekan bantalan rel kereta, semuanya sudah menggunakan pengait besi jadi lebih aman dan susah untuk dibongkar.

“Ini memang kelihatannya hal kecil namun jika ada paku, balok kayu dan batu atau benda lain di atas rel bisa membahayakan. Namun setelah di cek tidak ada yang mencurigakan. Semua aman dan terkendali,” ujar Kompol Putut Suhermanto. SH.

Menjelang arus mudik tahun 2018, petugas akan melaukan pengecekan rel maupun perlintasan yang tdk ada palangpintunya secara terus menerus bersama petugas PT KAI untuk menjamin keamanan, kenyamanan dan keselamatan pemudik dalam merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman. (Oz)