Blitar Kota – Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono AKBP S.H, S.IK, M.Si bersama Pejabat Utama Mapolres dan Kapolsek Nglegok melakukan pemantauan di objek wisata Candi Penataran Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, Selasa (25/4/2023).

Pemantauan tempat wisata Candi Penataran oleh Polres Blitar Kota untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung saat menghabiskan waktu libur lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono mengatakan pengecekan tempat wisata ini dilakukan dalam rangka Operasi Ketupat Semeru Tahun 2023.

Dimana beberapa titik tempat wisata yang dilakukan pemantauan salah satunya candi Penataran dan wisata Alam Blumbang Pacuh.

“Pengawasan ini kita lakukan untuk memastikan objek-objek wisata siap menghadapi lonjakan pengunjung yang akan berwisata di momen libur lebaran kali ini, walaupun terlihat tidak ada kenaikan yang signifikan dilokasi Candi Penataran ini hanya sekitar seratusan namun kesiapan sarana dan prasarana hingga keterjaminan keamanan di wilayah wisata kami lakukan pengecekan,” ungkap Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono.

AKBP Argowiyono juga memastikan di setiap titik wisata memiliki lokasi parkir, baik roda empat maupun roda dua yang representatif, sehingga tidak menimbulkan kemacetan di lokasi wisata atau jalan raya.

“Pengelola wisata juga harus memastikan kendaraan pengunjung wisata agar tidak terjadi tindak pidana curanmor maupun curat, dengan menambah petugas parkir di lokasi,” tegas AKBP Argowiyono.

Polres Blitar Kota juga mengimbau kepada para pengunjung yang akan berlibur dan menikmati wisata di Kabupaten/Kota Blitar, agar selalu menjaga keselamatan, serta mengingatkan untuk menjaga barang yang dibawa demi keamanan bersama.