PROKLAMATORNEWS, BLITAR-Wakil Walikota Blitar SANTOSO memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman kantor Pemerintah Kota Blitar Sabtu (1/10/2016).

Peringatan Hari Kesaktian Pascasila ini bercikal bakal pada peristiwa 30 September 1965, di mana enam jendral senior dan beberapa orang lainnya dibunuh dalam upaya kudeta yang dilakukan PKI, peristiwa bersejarah ini merupakan masa kelam yang terjadi terhadap bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Pada setiap peringatan Hari Kesaktian pancasila  ini, seluruh peserta upacara mengucapkan Pancasila kalimat per kalimat dengan penuh semangat dan rasa memiliki, yang dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara.

ok-1

Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan oleh pemerintah untuk menanamkan pesan di hati seluruh masyarakat Indonesia bahwasanya Pancasila, sebagai ideologi negara tidak akan pernah tergantikan oleh paham apapun di Bumi Pertiwi.

Setelah sebelumnya terjadi upaya penggantian ideologi negara yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

Peringatan yang berlangsung sederhana dan hikmat ini dihadiri oleh Kapolres Blitar Kota AKBP RENDRA RADITA DEWAYANA, S.I.K, FORKOPIMDA Kota Blitar, anggota DPRD Kota Blitar, PNS Kota Blitar dan Pelajar dari SMA se Kota Blitar.