Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela S.I.K S.H.M.H bersama Forpimda dan dan Ketua DPRD Kota Blitar mengadakan launching Kampung Tangguh Bencana menghadapi Covid 19 di RW 8 Lingkungan Ndongki Kel Kepanjenkidul Kota Blitar Rabu (27/5/2020)

Sesuai arahan Kapolda seluruh Desa/Kel di Jawa Timur supaya membentuk Kampung Tangguh Bencana. Tujuannya adalah untuk menghadapi situasi seperti pandemi Covid-19 dengan harapan bisa menghidupkan gotong royong. Kapolres Blitar Kota juga menjelaskan apabila tidak ada gerakan bersama-sama antara pemerintah dengan masyarakat maka masalah seperti pandemi Covid-19 akan sulit diselesaikan. Kapolres Blitar Kota Berterima Kasih kepada seluruh komponen masyarakat dan warga masyarakat dan Mengapresiasi kekompakan warga, yang sudah bekerja sama dengan baik dan bagus dalam mempersiapkan Kampung Tangguh Bencana.

 

Dengan adanya kampung tangguh bencana, maka kebersamaan dan gotong royong akan terbangun dengan baik, sehingga segala masalah kita akan bisa teratasi.

tangguh di bidang kesehatan, tangguh di bidang ekonomi, dan tangguh di bidang sosial. Tangguh di bidang kesehatan maksudnya, masyarakat paham dengan penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19. Masyarakat paham soal karantina, paham dengan penanganan orang sakit, dan penanganan orang meninggal baik karena covid-19 maupun tidak.

 

Sedang tangguh di bidang ekonomi kaitannya dengan ketersediaan pangan. Kampung Tangguh harus memiliki lumbung pangan. Masyarakat yang mampu memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu atau terdampak pandemi covid-19. Bantuan itu dikumpulkan dalam lumbung pangan yang dikelola oleh petugas.