Kapolres Blitar Kota AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan SIK MSi bersama Forkopimda Blitar Raya mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) berkunjung di wilayah hukum Polres Blitar Kota, Minggu (29/8/2021).
Kesempatan pertama Menteri Muhadjir ziarah di Makam Bung Karno, dilanjutkan mengecek penanganan kesehatan Covid-19 di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar dan di Tempat Isolasi Terpusat Kampus PGSD UM Kota Blitar.

Hadir dalam acara tersebut Forkopimda Blitar raya antara lain Wali Kota Blitar Drs Santoso, Bupati Blitar, Rini Syarifah, Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom SIK dan Dandim 0808 Blitar Letkol Inf Didin Nasrudin Darsono S.Sos.,M.Han dan sejumlah pejabat Forpimda Blitar Raya juga ikut mendampingi kunjungan kerja Menko PMK Muhadjir Effendy di Blitar.

Menko PMK Muhadjir sempat berdiskusi terkait penanganan Covid-19 dengan para pejabat Forpimda Blitar Raya saat berkunjung ke RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar. Menko PMK Muhadjir bersama pejabat Forpimda juga membagikan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di sekitar Makam Bung Karno.

Menko Bidang PMK, Muhadjir mengatakan kunjungannya ke Blitar, pertama untuk ziarah ke Makam Bung Karno.
“Kunjungan saya ke Blitar ada beberapa kegiatan. Pertama, ziarah ke Makam Proklamator dalam memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI,” kata Muhadjir.

Selain itu, kata Muhadjir, kunjungan ke Blitar juga untuk mengecek penanganan kesehatan Covid-19 di daerah.
Menurutnya, secara umum penanganan kesehatan di Blitar Raya terkait pandemi Covid-19 sudah bagus.

Kerja sama antar-wilayah dalam penanganan kesehatan juga baik. “Karena, ternyata jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Kota Blitar lebih banyak dari pada di Kabupaten Blitar. Berarti kerjasamanya baik,” ujarnya. Dikatakannya, penerapan Isolasi Terpusat di Kota Blitar juga sudah bagus. Kota Blitar memiliki Tempat Isolasi Terpusat dan Rumah Isolasi.

Tempat Isolasi Terpusat dipakai untuk merawat pasien Covid-19 tanpa gejala. Sedang, Rumah Isolasi digunakan merawat pasien Covid-19 bergejala ringan dan sedang. “Ini lebih baik dari yang direkomendasi pusat. Pusat hanya merekomendasikan isolasi terpusat saja,” ujarnya.
Menurutnya, perkembangan kasus Covid-19 di Kota Blitar juga terus menurun. “Kondisi Covid-19 sudah turun, sudah bagus. Benar sekarang masih level 4, tapi sebentar lagi turun level 3,” ujarnya.