Blitar, Proklamator News – Minggu (14/04/2018) Ratusan ikan koi dari sejumlah wilayah lokal Blitar unjuk kebolehan untuk menjadi yang terbaik dalam ajang Kapolres Blitar Cup 3 rd Lokal Koi Show Beringin Koi 2018 . Ajang ini untuk mencari bibit ikan koi terbaik. Selain sebagai ajang kontes koi lokal, juga sebagai sarana untuk mengenalkan Blitar sebagai salah satu sentra ikan koi ke kancah nasional.

Berbagai jenis ikan koi ini dikonteskan menjadi 4 kategori yaitu 1.Gosake meliputi Kohaku, Taisho Sanshoku, Showa Sanshoko. 2. Sakura meliputi Shiro Utsuri, Ghosiki, Kawarimono, Kinginrin A, Kinginrin B, Kujhaku. 3 Shubaki meliputi Hikarimoyomono, Tancho, Koromo, Doitsu, Komunryu dan 4. Botan meliputi Hikarimujimono, Asagi, Shusui, Bekko, Hikari Utsurimono, Hiki Utsurimono. Kontes lokal Koi Show Beringin 2018 digelar selama dua hari dalam memperingati Hut Bhayangkara ke 73, mulai tanggal 14 – 15, di Balai Desa Sumberingin Kecamatan Sanankulon Blitar.

Acara dibuka oleh Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar SIK MSi dan selanjunya memberikan sambutan kepada para peserta lomba,” Dengan adanya ajang Kapolres Blitar Kota Cup 3 rd Lokal Koi Show Beringin Koi 2018 diharapkan menjadi ajang silaturahmi antara penggemar ikan Koi dengan Polres Blitar Kota semoga kedepan acara seperti ini bisa terus berkelanjutan untuk mengenalkan produk Koi Blitar tingkar Nasional maupun Internasional”, ujar Kapolres

Kontes Koi ini diikuti ikan koi dengan panjang maksimal 0-55 centimeter. Tidak hanya diikuti penghobi koi dari lokal blitar saja, namun ada juga pengunjung dari luar kota. Sekitar 425 peserta ikut meramaikan ajang ini.

Menurut ketua panitia kontes, Ali Mustofa ada enam juri dengan kemampuan tingkat nasional  yang melakukan penilaian di setiap kelas kontes. Penilaian koi meliputi performance, bentuk badan, kesehatan ikan, motif koi, serta tekstur warna ikan koi.

“Selain untuk mencari koi-koi terbaik, Kegiatan ini juga untuk mengenalkan Blitar sebagai salah satu daerah penghasil ikan koi berkualitas di Indonesia,” ujar Ali Mustofa

Penghargaan kejuaraan diserahkan langsung olek Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar S.I.K,M.Si kepada pemenang yang memiliki koi stansart terbaik menurut juri.