Dalam rangka upaya pencapaian Verifikasi Kabupaten Kota Sehat (KKS), Pemerintah Kecamatan Udanawu menyelenggarakan rapat Verifikasi Kabupaten Kota Sehat (KKS) dengan bahasan dokumen Kabupaten Kota Sehat. Pelaksanaan rapat Verifikasi ini dilaksanakan di pendopo kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Senin, 04 Juli 2022.

Dalam kegiatan verifikasi kabupaten kota sehat ini di hadiri oleh Bapak Insuhardi selaku Kepala Puskesmas Udanawu, Kapolsek Udanawu di wakili oleh Kanit Binmas Polsek Udanawu Aipda Sunanto, Danramil Udanawu di wakili Batituud Koramil Udanawu, Camat Udanawu di wakili Kasi Trantib Kec. Udanawu, Ketua Pokja Kec. Udanawu, Koordinator penyuluh pertanian Kec. Udanawu dan Pengurus Pokja Desa sehat Kecamatan Udanawu.

Bahwa Program Verifikasi Kabupaten Kota sehat Program mencoba mengakomodasi dan membantu berbagai program di tingkat Kabupaten dan Kota (dengan peran aktif masyarakat) sehingga dapat mengintegrasikan dan menjelma daya ungkit besar terhadap kriteria sehat pada segala sektor dan bidang. Di Tingkat Kecamatan dan Desa di bentuknya Kelompok Kerja atau Pokja Desa Sehat dalam rangka pemberdayaan segenap potensi warga desa dalam menciptakan keluarga dan lingkungan yang sehat, melalui peningkatan kapasitas kader PKK & Posyandu, penyadaran pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), asupan gizi berimbang, dan kebersihan lingkungan.

Tujuan Program Kabupaten Sehat pada dasarnya adalah tercapainya kondisi Kabupaten untuk hidup dengan bersih, nyaman, dan sehat untuk bekerja dan bekerja bagi warganya dengan terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain, sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktifitas dan perekonomian masyarakat.