Kampung Tangguh yang merupakan salah satu role model penanganan pandemi virus corona yang dibentuk untuk mengantisipasi penyebaran virus corona dari hari ke hari di kota Blitar menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Kampung Tangguh pencegahan Covid-19, yang secara resmi diresmikan Kamis, 28 Mei 2020 lalu di 3 kecamatan Kota Blitar mampu menunjukkan perkembangan yang positif di kota Blitar.

Ketiga Kampung Tangguh itu berada di Kelurahan Tanjungsari Kecamatan Sukorejo, Kelurahan Sananwetan kecamatan Sananwetan dan lingkungan Dongki Kecamatan Kepanjen Kidul. Kemajuan penanganan kasus corona di kota Blitar mampu merubah status zona Kota Blitar yang sebelumnya zona merah menjadi zona kuning Per hari Minggu (7/6) malam, tercatat empat kabupaten/kota Jatim, yaitu Lumajang, Ngawi, Kota Blitar dan Kota Madiun, telah berstatus Zona Kuning dari sebelumnya Zona Merah.

Zona Kuning atau zona berisiko rendah ini merupakan wilayah-wilayah yang dalam dua minggu terakhir terjadi penurunan kasus konfirmasi positif Covid-19, PDP, ODP dan kematian hingga 50 persen.

Selain itu, terjadi penurunan jumlah kasus konfirmasi positif, PDP dan ODP yang dirawat di rumah sakit sehingga kapasitas rumah sakit masih lebih dari cukup.