Polres Blitar Kota bersama Forkopimda kota Blitar menggelar deklarasi Pilkada Damai 2020 hari Selasa malam tanggal 10 Maret 2020. Acara itu dikemas lewat pengajian akbar peringatan Israj Mi’raj di Masjid Agung, Kota Blitar. Acara tersebut dihadiri sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat kota Blitar. Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela, SH, S.I.K, MH dan Plt Wali Kota Blitar Drs, H. Santoso, MPd juga hadir di acara itu. Sedang penceramah di pengajian akbar yaitu KH Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq dari Yogyakarta.

Acara deklarasi Pilkada Damai dilakukan sebelum pengajian. Para pejabat Forkopimda kota Blitar, tokoh agama, dan tokoh masyarakat membacakan pernyataan sikap mendukung pelaksanaan Pilkada Damai tahun 2020 di kota Blitar. Selanjutnya, mereka menggalang tanda tangan sebagai bentuk dukungan pelaksanaan Pilkada Damai di kota Blitar.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, SH, S.I.K, MH mengatakan dalam momen pengajian peringatan Isra Mi’raj, Polres Blitar Kota melakukan himbauan kamtibmas dan deklarasi Pilkada damai. Pengajian akbar menjadi momen tepat untuk menyampaikan pelaksanaan Pilkada serentak 2020 ke masyarakat. mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik.

Leonard menambahkan juga mengajak masyarakat ikut menjaga keamanan baik menjelang maupun saat pelaksanaan Pilkada 2020. pilihan masyarakat boleh berbeda, tapi menjaga keamanan dan kerukunan tetap yang utama.
“Momen Pilkada biasanya tensi politik di masyarakat memanas. Untuk itu, kami mengajak masyarakat tetap menjaga suasana sejuk yang dilandasi semangat kerukunan dan kebersamaan,” pungkasnya.