Menjelang penerapan new normal life di wilayah kota Blitar, Kapolres Blitar Kota menilai kesadaran masyarakat Blitar memakai masker dan menaati protokol kesehatan sebagai antisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19 masih rendah. Setiap hari Polres Blitar Kota dan Kodim 0808 menggelar sidak dan patroli gabungan di ruang publik, seperti pasar, cafe juga tempat-tempat yang biasa dijadikan tempat nongkrong masyarakat.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, SH, SIK, MH melalui Paur humas Polres Blitar Kota Aipda Prasetio hari Sabtu tanggal 06 Juni 2020 mengatakan dari hasil sidak dan patroli itu, polisi masih mendapati masyarakat yang tidak memakai masker atau tidak mematuhi protokol kesehatan. Duduk masih bergerombol. masyarakat masih mengabaikan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Tidak hanya itu, ada beberapa pengelola tempat usaha seperti minimarket yang belum menerapkan protokol kesehatan.

Namun tidak sedikit masyarakat yang sudah mematuhi protokol kesehatan. Polres Blitar Kota menghimbau agar masyarakat dapat ikut membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 atau Virus Corona di Blitar. Patroli dan sidakbpencegahan penyebaran Covid-19 Polres Blitar Kota akan terus digelar setiap hari, terlebih menjelang penerapan New Normal Life di wilayah Blitar sekaligus menggugah kesadaran masyarakat untuk bersama sama cegah penyebaran Covid-19.