Penerapan New Normal Life atau tata kehidupan baru di tengah pandemi Covid-19, Polres Blitar Kota bersama Kodim 0808 Blitar dan Pemerintah Kota Blitar terus melakukan penguatan diberbagai sektor. Salah satunya membentuk Pesantren (Ponpes) Tangguh Semeru di Ponpes Putri Bustanul Muta’allimat di Kelurahan Kauman Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar.

Pesantren Tangguh Semeru di Ponpes Putri Bustanul Muta’allimat diresmikan hari Sabtu tanggal 13 Juni 2020 oleh Wali Kota Blitar Drs. H. Santoso. Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M. Sinambela, SH, SIK, MH dan Dandim 0808 Letkol Inf Kris Biantoro, SE.
Disisi lain Kapolres Blitar Kota menyerahkan bantuan sosial sembako kepada pengurus Ponpes Putri Bustanul Muta’allimat.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela, SH, SIK, MH mengatakan Polri dan TNI ikut menguatkan program pencegahan penyebaran Covid-19, salah satunya mendukung pembentukan Ponpes Tangguh Semeru. Ponpes Tangguh ini bagian konsep pengembangan Kampung Tangguh yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Kami tahu Ponpes merupakan tempat yang juga rawan penyebaran Covid-19. Banyak studi kasus, seperti di Ponpes temboro, Ijtma di Gowa, dan Asrama Haji Surabaya.

Leonard menambahkan untuk pencegahan Covid-19, para santri benar-benar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Karena, para santri juga akan keluar dari pondok berinteraksi masyarakat di areal publik.
ini sebagai salah satu bentuk usaha untuk menekan penyebaran virus Corona di Kota Blitar. Khususnya di lembaga pondok pesantren yang rawan menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.