Pengamanan Pawai Ogoh-Ogoh menyambut Hari Raya Nyepi dilakukan oleh petugas gabungan Polsek Ponggok Polres Blitar Kota dan Koramil Ponggok, Selasa (21/03/2023) sore.

 

Pawai Ogoh-Ogoh yang diselenggarakan oleh Umat Hindu Wilayah Kecamatan Ponggok dimulai pada pukul 14.00 WIB berangkat dari SDN Ponggok 1 dan finish Lapangan Paralayang Ponggok. Kegiatan pawai ogoh-ogoh dibuka oleh Muspika Kecamatan Ponggok.

 

Berbagai bentuk dan karakter patung Ogoh-Ogoh raksasa diikutkan dalam kegiatan pawai yang dihadiri umat hindu dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945/2023 M.
Pawai Ogoh-Ogoh ini juga diiringi dengan Drum Band SDN Ponggok 1 dan penampilan dari Sanggar Tari Kembang Sore Desa Ponggok.

Rangkaian kegiatan ini ditutup setelah Pawai Ogoh-Ogoh memasuki garis finis, dengan ditandai pembakaran patung-patung Ogoh-Ogoh sebagai simbol pembakaran makhluk-makhluk halus yang jahat.

 

Kapolsek Ponggok, Iptu Agus Prayitno, S.H. mengungkapkan bahwa pengamanan dilakukan secara maksimal baik dari personil Polri maupun TNI serta swakarsa warga masyarakat agar rangkaian kegiatan Hari Raya Nyepi umat Hindu di Wilayah Ponggok berjalan dengan lancar.