Polsek Sanankulon – Sebagai langkah antisipasi terhadap terjadinya berbagai aksi kejahatan serta untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, Bhabinkamtibmas Polsek Sanankulon Aiptu Mery Junaidi secara rutin laksanakan kegiatan sambang dan silaturahmi ke Desa binaan. Kegiatan sambang tersebut diterima langsung oleh Kepala Desa serta beberapa Perangkat. Senin 10 Februari 2020.

Dalam kegiatan sambang tersebut Aiptu Mery Junaikdi juga menyampaikan himbauan kamtibmas diantaranya adalah sebagai pelaksana Pemerintahan Desa, para Perangkat Desa hendaknya lebih meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian terhadap lingkungan. Siapa saja mengemban fungsi pencegahan terhadap semua potensi yang dapat berkembang menjadi gangguan kamtibmas. Oleh sebab itu maka peran aktif perangkat desa maupun para tokoh yang ada dimasyarakat sangat strategis dalam upayanya memelihara serta menjaga situasi kamtibmas agar tetap aman, nayam dan kondusif.

Kehadiran anggota Bhabinkamtibmas ini juga sebagai upaya untuk mempererat tali silaturahmi dan komunikasi.  Selain itu juga sebagai sarana untuk menggali informasi dari masyarakat terkait potensi gangguan kamtibmas sehingga secara dini dapat diantisipasi sebelum terjadi gangguan nyata yang ada di masyarakat.

AKP Wahono selaku Kapolsek Sanankulon menjelaskan bahwa kegiatan sambang ini dilaksanakan setiap hari dengan harapan dapat menambah mitra yang baru dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta mengajak masyarakat untuk terus aktif dalam kepedulian terhadap keamanan lingkungan. Karena pada dasarnya pengamanan lingkungan bukan hanya tugas dari Polri saja, melainkan seluruh masyarakat juga memiliki kewajiban yang sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing masing. tutur Kapolsek Sanankulon.