Dalam rangka untuk menjaga situasi Kamtibmas agar tetap kondusif serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Salah satunya adalah dengan prefentif melakukan pencegahan terjadinya adanya tindak pidana di malam hari satuan kepolisian Sektor Udanawu Polres Blitar Kota dengan melaksanakan Patroli Blue Light di malam hari.

Petugas Patroli Polsek Udanawu mengatakan di lakukan gelar patroli blue light yang dimaksudkan yaitu kegiatan Patroli rutin Kepolisian yang dilakukan pada malam hari dengan sasaran di tempat-tempat yang di angap rawan adanya ganguan kamtibmas dengan menggunakan sarana mobil Patroli dinas Samapta Backbone Polsek Udanawu dan menyalakan sorot lampu rotator khas Kepolisian yang berwana biru.

Di sampaikan Patroli Blue Light ini adalah wujud nyata upaya Polri khususnya Polsek Udanawu dalam memelihara Kamtibmas untuk ciptakan situasi  yang aman dan kondusif utamanya di wilayah hukum Polsek Udanawu.

Dengan adanya keberadaan petugas Patroli dari Polsek Udanawu yang melaksanakan patroli tersebut diharapkan mampu memberikan dampak positif pada situasi Kamtibmas, diantaranya dapat mencegah niat para pelaku kejahatan, mencegah terjadinya gangguan kamtibmas utamanya 3C, sehingga masyarakat dapat beraktifitas dan beristirahat dengan tenang karena merasa aman dan nyaman dan terlindungi oleh Polri.

Diharapkan dengan dilaksanakannya Blue Light Patrol ini mampu mencegah terjadinya kejahatan baik Curat, Curas maupun Curanmor.