Memasuki tahun ajaran baru SMPN 3 Ponggok mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) terhadap peserta didik baru dengan menggandeng Kepolisian untuk memberikan penyuluhan atau sosialisasi tentang berbagai hal terkait dengan pencegahan kenakalan remaja serta penyalahgunaan narkoba, Selasa (17/07/2024) pagi. Adalah Bhabinkamtibmas desa Jatilengger Aipda Satriyo yang mengisi kegiatan MPLS SMPN 3 Ponggok dengan memberikan beberapa penyuluhan tentang antisipasi kenakalan remaja.

Kepala SMPN 3 Ponggok mengatakan, bila dulu pengenalan lingkungan sekolah pada peserta didik baru masih ada perploncoan maka kali ini lebih kedepankan mengisi dengan materi-materi yang belum ada dalam kurikulum pendidikan, tentang kenakalan remaja atau penyalah gunaan narkoba misalnya. Dan kali ini pihak SMPN 3 Ponggok mengundang jajaran Polsek Ponggok untuk  mengisi materi tersebut.

“Masa pengenalan ligkungan sekolah memang bisa dianggap pintu gerbang dimulainya seorang siswa mengalami transisi dari tingkat Sekolah Dasar memasuki satu tingkat pendidikan diatasnya lagi. Sehingga perubahan kebiasaan serta perubahan komunitas lingkungan baru bagi mereka harus dimulai dengan masukan-masukan materi yang belum ada di kurikulum pwndidikan. Dan saat ini kami percayakan untuk memberikan materi tersebut pada Polsek Ponggok.” Terang Kepsek.

Kepala Sekolah juga berikan apresiasi atas kegiatan lemberian materi tersebut pada Kepolisian, sebab selain materi yang diminta, ada pengalaman-pengalaman personel yang berikan materi terkait penanganan kenakalan remaja serta penyalahgunaan narkoba, sehingga bila materi ini disampaikan oleh yang menangani sehari-harinya maka peserta didik baru akan lebih yakin tentang bahaya penyalahgunaan narkoba maupun kenakalan remaja.