Polsek Sanankulon – Pemerintah Kabupaten Blitar Kecamatan Sanankulon menyelenggarakan Deklarasi Damai sebagai wujud komitmen bersama untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades serentak tahun 2019 yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 Oktober mendatang. Bertempat di pendopo Kecamatan Sanankulon, ikrar deklarasi damai diucapkan oleh seluruh bakal calon Kepala Desa. Selain Cakades, deklarasi damai ini juga diikuti oleh Kepanitiaan Pilkades, BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas tokoh tokoh dalam masyarakat dan semua pihak yang terlibat didalamnya. Senin 7 Oktober 2019 siang.

Isi daripada deklarasi damai tersebut adalah para calon Kepala Desa sepakat untuk bersama sama menjaga situasi aman, tertib dan damai serta kearifan lokal dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa. Yang kedua sepakat untuk melaksanakan Pemilihan Kepala Desa sesuai dengan peraturan yang berlaku. Ketiga adalah siap menang dan siap kalah, serta akan menerima hasil Pemilihan Kepala Desa dengan lapang dada. Selanjutnya setelah ikrar tersebut diucapkan makan para calon Kepala Desa membubuhkan tandatangannya.

Dalam sambbutannya Kapolsek Sanankulon AKP Agus Hendro Tri S, SH mengatakan bahwa gelaran Pilkades mempunyai potensi gangguan keamanan yang relatif tinggi karena sekup wilayahnya ada disekitar kita. Oleh karena itu diminta agar seluruh calon Kades bisa berkomitmen menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah selama tahapan Pilkades serentak ini berlangsung. Jangan sampai bertengkar, bermusuhan dan bahkan berkonflik dengan tetangga dan saudara kita sendiri gara gara beda pilihan dan beda dukungan pada Pilkades nanti. Pada dasarnya seluruh pemilihan itu ada yang menang dan ada yang kalah, semuanya harus siap menang dan siap kalah dengan hati yang lapang sesuai dengan ikrar yang telah diucapkan bersama. Semoga Pilkades serentak Kabupaten Blitar tahun 2019 wilayah Kecamatan Sanankulon khusunya dapat berjalan dengan aman dan damai sesuai dengan harapan kita bersama. Pungkas Kapolsek Sanankulon.