Polsek Wonodadi – Kegiatan harkamtibmas kepolisian rutin dilaksanakan. Kali ini dengan jadwal Jum’at Curhat, Kepolisian Sektor (Polsek) Wonodadi diskusi seputar keamanan dan ketertiban masyarakat pada salah satu wilayah binaan kecamatan Wonodadi kabupaten Blitar dalam program “Jum’at Curhat” yang diadakan di balai desa Kolomayan kecamatan Wonodadi kabupaten Blitar. Jum’at (03/11/2023) pagi.

Kegiatan Jum’at Curhat yang dihadiri perwakilan dari Polres Blitar Kota Iptu Ali Sukron selaku Kbo Binmas serta Kapolsek Wonodadi Iptu Suhariyanto bersama anggota serta perwakilan warga masyarakat desa Kolomayan kecamatan Wonodadi dengan peserta sekitar 50 orang baik bapak bapak maupun ibu.

Kapolsek Wonodadi Iptu Suhariyanto, S.H, M.M menjelaskan, program “Jum’at Curhat” merupakan program inovasi kepolisian untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban tetap kondusif dengan menjalin komunikasi dan mendengarkan keluhan ataupun curhatan dari masyarakat.

Dikatakannya, wilayah kecamatan Wonodadi saat ini dalam situasi yang aman dan kondusif, namun tidak mengendorkan kepolisian untuk tetap turun kelapangan menjaga kondusifitas keamanan. Karenanya, pelayanan kepolisian terus digalakkan dan dioptimalkan.

Dari Iptu Ali Sukron menyampaikan tugas dari kepolisian terbagi menjadi 3 yaitu preemtif, preventif dan represif namun dalam pelaksanaannya lebih mengedepankan preemtif dan preventif. Diharapkan dalam kegiatan kali ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menyampaikan kritik serta saran maupun keluhan terkait pelayanan kepolisian di wilayah Polres Blitar Kota.

Dalam kegiatan dialogis bersama warga masyarakat desa Kolomayan, warga desa Kolomayan menyampaikan ucapan terima kasih kepada petugas Kepolisian Polsek Wonodadi dan Polres Blitar Kota atas kegiatan Jum’at Curhat tersebut karena dapat mempererat tali silaturahmi dan menyampaikan permasalahan saat ini.

Beberapa permasalahan yang disampaikan dari warga diantaranya apakah bisa membuat sim secara kolektif dan apa saja persyaratannya serta masyarakat mengeluhkan pada pagi hari kendaraan ramai di persimpangan Kolomayan yang di dominasi oleh pelajar.

Warga masyarakat juga siap membantu dan mendukung Polri untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif khususnya di wilayah desa Kolomayan.

Mendapat keluhan dan dukungan dari masyarakat serta kepala desa, Kapolsek Wonodadi dan Kbo Binmas memberikan tanggapan terkait pembuatan sim secara kolektif silahkan langsung ke Polres Blitar Kota namun tetap melalui ujian baik teori dan praktek sebagai persyaratan memperoleh Sim. Sedangkan terkait ramainya lalu lintas di pagi hari, Polsek Wonodadi akan melakukan pengaturan dan berikan edukasi serta pemahaman agar tertib berlalu lintas baik kepada warga maupun pelajar. Selain itu kepolisian akan terus berkoordinasi dengan unsur Muspika kecamatan Wonodadi dan pihak terkait selain itu akan terus mengadakan patroli dan himbauan kamtibmas agar tercipta situasi yang aman dan kondusif di wilayah Wonodadi.