Untuk menghadapi dan mengantisipasi gangguan maupun ancaman dari luar serta mengetahui kesiap siagaan personil, Polres Blitar Kota menggelar simulasi Sistem Pengamanan Markas Komando (Sispam Mako) hari Rabu tanggal 10 Juni 2020. Kegiatan simulasi Sispam Mako tersebut melibatkan seluruh personel Polres Blitar Kota dari semua satuan fungsi dan staf.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, SH, SIK, MH mengatakan dalam simulasi pengamanan mako ini, Polres Blitar Kota membagi check point dalam tiga lokasi. Antara lain check point pertama di gerbang pintu masuk Polres, kedua di pintu gerbang keluar, dan yang ketiga gedung vital dalam lingkungan Polres. Personel yang melaksanakan pengamanan dituntut kecepata bergerak untuk menempati posisi yang telah ditentukan sebagai tanggung jawab mereka. Mereka akan selalu diiingatkan agar mengetahui tugas dan tanggung jawab masing – masing.

Leonard menambahkan simulasi Sispam Mako yang dilaksanakan pagi itu merupakan gambaran situasi ketika suatu saat terjadinya keributan maupun ancaman terhadap Mapolres Blitar Kota. dengan simulasi Sispam Mako ini, diharapkan personel Polres Blitar Kota dapat memahami SOP tentang pengamanan Mako. Latihan ini dalam rangka mempersiapkan personel dalam menghadapi huru hara dan penyerangan fisik yang menyasar Mapolres.