Dalam waktu dekat Polri melaksanakan operasi Mantab Brata guna mengamankan Pemilu pilpres dan pilleg 2019. Operasi tersebut dilakukan untuk menciptakan situasi pemilihan umum yang aman dan kondusif.

Karena hal tersebut, Polres Blitar Kota lakukan koordinasi pengamanan dengan KPUD, Bawaslu, Pemerintah Kota Blitar, TNI, dan partai politik pada hari Selasa tanggal 18 september 2018 bertempat di aula patriatama Mapolres Blitar Kota. Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar S.I.K M.Si melalui Kasubbag Humas Ipda Sjamsul Anwar menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan pelaksanaan Operasi Mantab Brata untuk mengamankan Pemilu 2019 nanti. Operasi Mantab Brata akan dimulai dengan apel gelar pasukan yang dilakukan hari Kamis tanggal 20 september 2018. Selain berkoordinasi, Polres Blitar Kota dan stakehoulder juga menandatangani pakta integritas pilkada damai. Ipda Sjamsul Anwar menambahkan pengamanan pesta demokrasi itu akan dilakukan sejak tahapan pertama pemilu berlangsung hingga proses pencoblosan di TPS.

Keberhasilan pesta demokrasi ditandai dengan keamanan yang kondusif selama proses pemilihan berlangsung. Oleh karena itu, ia berharap agar masyarakat mau mendukung pihak keamanan dengan tidak mudah terprovokasi oleh berita hoax. Karena keamanan tidak cukup hanya pada polisi atau TNI saja. Tapi, peran masyarakat sangat dibutuhkan demi terciptanya keamanan dan ketertiban selama tahapan pemilu.