Sebagai salah satu program prioritas Kapolri yang dilaksanakan mulai dari tingkat Polda, Polres, hingga Polsek untuk menyerap aspirasi, saran, masukan, kritikan dan pertanyaan dari masyarakat, Kapolres Blitar Kota yang diwakili oleh Waka Polres Blitar Kota menggelar kegiatan Jumat Curhat. Kali ini jumat curhat diadakan bersama dengan warga Desa Mangunan, Kecamatan Udanawu.

 

“Kami membutuhkan saran, masukan, kritikan dari masyarakat terkait kinerja kepolisian. Hal ini akan kami gunakan sebagai bahan evaluasi terhadap kinerja anggota Polres Blitar Kota”. terang Kompol I Gede Suwartika, S.H., MH.

 

Wakapolres Blitar Kota Kompol I Gede Suwartika, S.H., MH. hadir bersama dengan Kapolsek Udanawu AKP Gawik Wahyuti, S.H. Hadir juga dalam kegiatan tersebut Camat Udanawu Drs. Ahmad Haryono, M.M., Danramil Udanawu Kapten Inf. Yuyun Supriyono, S.H., KBO Sat Binmas, KBO Sat Narkoba, Kanit Pidum Sat Reskrim, Kanit Kamseltibcar Sat Lanta, Kepala Desa Mangunan, Babinsa dan Bhabinkamtibma Desa Mangunan, serta warga Desa Mangunan.

 

Pada kesempatan kali ini, Kompol I Gede Suwartika, S.H., MH berdialogis dengan warga desa guna menyampaikan hal terkait pesan-pesan kamtibmas dan himbauan agar warga desa senantiasa menjaga lingkungan aman, tertib, dan kondusif. Selain itu disampaikan juga agar warga selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara yaitu dengan memakai helm dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

 

Pada kegiatan jumat curhat ini beberapa warga melaksanakan sesi tanya jawab langsung dengan Blitar Kota Kompol I Gede Suwartika, S.H., MH. Seperti yang pertama, apa yang harus dilakukan oleh warga untuk mencegah beredarnya minuman keras? Terlebih menjelang bulan suci ramadhan? Kedua, bagaimana warga harus bersikap jika ada tindak pencurian? Ketiga, apa yang bisa dilakukan warga untuk antisipasi beredarnya narkoba?

 

Kompol I Gede Suwartika menjawab pertanyaan pertama terkait peredaran minuman keras pasti akan ditindak dan dilakukan penertiban. Kendati demikian, semua kembali lagi kepada diri sendiri untuk tidak memberikan ruang minuman keras dapat beredar. Kedua, ketika ada pencurian, sebisa mungkin warga jangan sampai main hakim sendiri saat pelaku tertangkap. Bisa langsung menghubungi pihak kepolisian terdekat yaitu Polsek Udanawu. Selain itu, untuk mengantisipasi adanya tidak kriminal di malam hari, diharapkan warga aktif melaksanakan giat siskamling.

 

Ketiga, kontribusi warga untuk mencegah adanya peradaran narkoba yaitu warga harus mengenal apa itu narkoba, kemudian dengan menjaga situasi lingkungan melalui giat kumpul bersama melalui perkumpulan seperti tahlil, yasinan, dan lain sebagainya untuk mempererat silaturrahim dan saling menjaga agar tidak ada yang sampai terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik. Di sisi lain, sebagai orang tua juga harus mengontrol serta memberikan edukasi kepada anak agar jangan sampai salah pergaulan yang tidak baik.

 

Sebelum mengakhiri kegiatan, Waka Polres Blitar Kota Kompol I Gede Suwartika, S.H., MH. Memberikan nomor telepon yang dapat dihubungi oleh warga apabila terdapat kendala terkait situasi keamanan dan ketertiban lingkungan.

 

#jumatcurhat

#listyosigitprabowo

#spripimpolri

#divhumaspolri