Dalam mengantisipasi dan mengecek kesiapan pos dan pemudik serta mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Forkopimda kabupaten Blitar melakukan peninjauan Pos pengamanan dan Cek Point Operasi Ketupat Semeru 2020 di wilayah Kabupaten Blitar hari Minggu tanggal 26 April 2020.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, SH, SIK, MH mengatakan Polres Blitar Kota melakukan peninjauan bersama Bupati Blitar Drs H Rijanto, Kasdim 0808 Blitar Mayor Inf Leo Eutatius Pauraka. Dalam peninjauan pos tersebut, Forkopimda kabupaten Blitar juga membagikan ekstra fooding bagi petugas posko. Ekstra fooding bagi petugas jaga pos Semeru 2020 di perbatasan untuk menjaga kesehatan dan berbuka puasa para petugas jaga di perbatasan tersebut.

Leonard menambahkan dengan adanya posko tersebut diharapkan dapat mengantisipasi kerawanan. Diantaranya seperti kemacetan, laka lantas dan kerawanan tindak kejahatan serta screening kesehatan bagi pemudik. Petugas jaga terus memantau para pemudik yang hendak masuk ke wilayah Blitar. Terutama kesehatan para pemudik atau pendatang yang melewati perbatasan, hal ini di lakukan guna mencegah dan memperlambat penyebaran virus corona (Covid 19) di wilayah Blitar.

Kapolres Blitar Kota bersama Forkopimda meninjau tiga lokasi perbatasan. Diantaranya Kecamatan Wonodadi, yang berbatasan dengan Tulungagung, Kecamatan Ponggok Perbatasan dengan Kediri dan Ponggok yang juga berbatasan dengan kediri.