POLSEK UDANAWU  – Kapolsek Udanawu Polres Blitar Kota AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos., bersama anggotanya menyambangi warga di areal persawahan Desa Sukorejo, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar. Jum’at (09/02/2023)
Kegiatan sambang petani yang dilakukan oleh Kapolsek Udanawu bersama anggota tersebut tak hanya dilakukan di lingkungan pemukiman warga saja, namun kali ini dilakukan sampai ke sawah.
Dalam sambangnya, Kapolsek Udanawu melakukan dialog dengan petani yang sedang bekerja di sawah miliknya serta memberikan himbauan kepada petani tersebut agar pada saat bekerja dapat berhati-hati dan utamakan keselamatannya.
“Lebih baik apabila bapak sudah lelah beristirahatlah terlebih dahulu. Jangan terlalu dipaksakan dalam bekerja. Karena keselamatan yang paling utama,” ujarnya.
Giat sambang kewilayahah tersebut dilaksanakan sebagai upaya preemtif guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan meningkatkan kesadaran serta partisipasi masyarakat.“Melalui kegiatan sambang petani kita dapat menyerap informasi dan memantau situasi kamtibmas di pedesaan ,”kata Kapolsek.

Kapolsek Udanawu mengatakan bahwa Patroli Polsek Udanawu setiap jam-jam rawan khususnya pada saat pagi hari ketika para petani sedang bekerja, terus meningkatkan giat patrolinya ke persawahan. Hal tersebut untuk mencegah dan mengantisipasi tindak kejahatan Curanmor yang mengincar kendaraan roda dua milik petani yang biasa diparkir di pinggir jalan dan tanpa pengawasan.
Oleh karenanya, anggota patroli Polsek Udanawu sering mengontrol daerah tersebut. Kapolsek juga tidak pernah bosan untuk memberikan himbauan dan menegur para petani agar mereka tidak lengah saat meninggalkan kendaraanya. “Usahakan kendaraan di kunci ganda dan di tempatkan di tempat yang aman dan mudah di jangkau apabila ada sesuatu yang mencurigakan.”