Adanya pagelaran budaya kesenian Tiban yang dilakukan oleh warga Desa Sidorejo, jajaran Polsek Ponggok Polres Blitar Kota melaksanakan pengamanan untuk menjamin kelancaran dan keamanan kegiatan tersebut, Minggu (17/12/2023).

3 personil diterjunkan dipimpin KSPKT Aipda Aris bersama Briptu Gatot dan Briptu Alfian. Kapolsek Ponggok AKP SUJARWO, S.H., M.H. mengatakan bahwa pengamanan atau kegiatan penjagaan situasi dan keamanan menjadi tugas yang biasa dilakukan oleh Polri seluruh Indonesia

Pengamanan ini secara umum ditunjukan untuk pelaksanaan pengamanan dalam suatu acara yang diduga akan dipadati oleh masyarakat.

“karena hal ini merupakan suatu kewajiban yang diemban negara untuk Polri selain itu demi kelancaran kegiatan yang dilaksanakan oleh warga,” ujarnya

Sebagai informasi kesenian tradisional “Tiban” merupakan tradisi yang dilakukan masyarakat untuk meminta hujan. Tari Tiban berasal dari Desa Wajak Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung.

Namun ritual TIban juga berkembang di pesisir selatan Jawa Timur lain seperti Trenggalek, Blitar, hingga Kediri, Karena diselenggarakan dengan maksud meminta hujan, maka tradisi Tiban biasanya digelar pada musim kemarau.

Tiban dilakukan dalam bentuk adu kekuatan antara dua kelompok yang masing-masing membawa senjata berupa cambuk dari lidi daun aren.