Blitar Kota – Polres Blitar Kota mendirikan Dapur Sigap Ramadhan pada Kamis (07/04/2023), di halaman Mapolres. Dapur Sigap Ramadhan ini sengaja didirikan sebagai tempat memasak makanan berbuka puasa untuk dibagikan kepada masyarakat.

Total setiap hari ada sekitar 100 hingga 200 makanan hasil masakan para anggota Polres Blitar Kota yang dibagikan gratis kepada masyarakat termasuk pengendara yang melintas menjelang berbuka puasa.

“Kami mendirikan dapur Sigap Ramadhan, tentunya merupakan bagian dari Polri hadir di tengah masyarakat. Kami memasak, nantinya makanannya bisa diambil secara gratis oleh masyarakat yang lewat,” ujar Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono.

Pendirian Dapur Sigap Ramadhan ini merupakan bentuk kepedulian Polres Blitar Kota kepada masyarakat. Polres Blitar kota berharap dengan adanya makanan gratis yang dibagikan, masyarakat ataupun pengendara yang belum sempat membeli takjil dapat terbantu.

Polres Blitar Kota pun meminta kepada masyarakat dan para pengendara agar tidak segan berhenti atau mampir di dapur tersebut. Kegiatan berbagi makanan ini akan dilakukan Polres Blitar Kota hingga akhir Ramadhan. Acara berbagi makanan ini pun juga dilakukan secara bergiliran di 9 Polsek yang berada di bawah Wilayah Hukum Polres Blitar Kota.

Semua biaya untuk kegiatan operasional di dapur Sigap Ramadan ini berasal dari dana kumpulan bersama para anggota Polres Blitar Kota. Menurut Argo dari setiap satuan kerja yang ada di Polres Blitar Kota menyumbang berbagai kebutuhan mulai dari sayur, nasi hingga minuman.

Semua kegiatan ini dilakukan secara ikhlas demi membantu dan bersedekah di bulan yang suci. Langkah ini diharapkan dapat mendekatkan Polres Blitar Kota dengan masyarakat sekitar. Tidak hanya itu kegiatan memasak bersama, di Dapur Sigap Ramadhan ini juga diharapkan bisa menjalin rasa kerukunan antar anggota.

“Kalau biaya semua ini dari sumbangan tiap satuan kerja yang ada di Polres Blitar Kota. Misalnya Reskrim hari ini memberikan beras kemudian Sat Lantas menyumbangkan telur. Nah, barang-barang itulah yang kita masak kemudian kita bagikan kepada masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Masyarakat sekitar yang mendapatkan makanan berbuka puasa dari Dapur Sigap Ramadan Polres Blitar kota pun merasa senang dan terbantu. Salah satunya seperti yang diungkapkan oleh Caca. Menurutnya di tengah kesibukannya menjadi karyawan swasta yang pada saat itu belum sempat membeli takjil dia justru memperoleh makanan berbuka puasa secara gratis.

Bahkan menurutnya makanan yang ia terima dari Dapur Sigap Ramadan memiliki rasa yang tidak kalah enak dengan warung konvensional. “Alhamdulillah ya rasanya enak dan cukup membantu bagi warga yang tidak sempat membeli takjil,” katanya.

Caca berharap acara berbagi makanan untuk berbuka puasa ini bisa terus dilakukan oleh Polres Blitar kota secara rutin setiap bulan Ramadhan.