Salah satu tugas Polisi adalah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan semua elemen masyarakat, baik itu tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda, seperti yang di lakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Bendo Kec. Ponggok, Aipda Kukuh Setyawan melaksanakan kegiatan sambang kepada Tokoh Agama Desa Bendo Kec. Ponggok, Rabu (19/04/2023) malam.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan-pesan kamtibmas agar menjaga kemanan dan ketertiban di lingkungan kita masing-masing sehingga tercipta situasi aman dan kondusif.

Bhabinkamtibmas juga menyampaikan imbauan supaya masyarakat tidak terpengaruh berita hoax atau bohong terlebih mengatasnamakan suku, ras, maupun agama (SARA) yang dapat memecahbelah persatuan dan kesatuan masyarakat sehingga menjadi terkotak-kotak, untuk itu teliti terlebih dahulu informasi sebelum disebarkan ke pihak lain.

“Kami menyampaikan kepada tokoh agama agar ikut serta dalam upaya menciptakan situasi kamtibmas, terutama di Bulan Ramadhan ini peran tokoh agama dianggap penting karena lebih mudah dalam menyebarkan informasi kepada warga masyarakat” ujar Aipda Kukuh.

Selain itu Bhabinkamtibmas menyampaikan kepada para warga masyarakat agar menjelang musim mudik lebaran agar waspada saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong agar meningkatkan keamanan seperti pemasangan CCTV dan mengunci rumah.