Keluarga Besar Polres Blitar Kota bersama dengan masyarakat Blitar Raya mengikuti acara Car Free Day di Jalan Merdeka tepatnya di Alun-Alun Kota Blitar, Minggu (8/3/2020). Acara tersebut sekaligus sebagai upaya sosialisasi waspada virus Corona dan perilaku hidup sehat untuk masyarakat Blitar Raya dan Jawa Timur Sehat.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela, SH, S.I.K, MH mengatakan kegiatan itu sekaligus sebagai upaya sosialisasi waspada virus Corona dan perilaku hidup sehat untuk masyarakat Blitar Raya. Melalui kegiatan Car Free Day ini pihaknya mengajak masyarakat kembali menerapkan hidup sehat. Hidup sehat bisa dimulai dari hal paling sederhana, yaitu rajin mencuci tangan. Menurutnya mencuci tangan merupakan cara paling ampuh dan utama untuk mencegah serta menghilangkan virus. Kegiatan ini juga untuk menyadarkan masyarakat agar tidak terlalu cemas dan khawatir secara berlebihan dengan merebaknya kasus virus Corona. Menurutnya sempat terjadi kecemasan dan kekhawatiran yang berlebihan dengan merebaknya kasus virus Corona.

Sementara itu, Plt Walikota Blitar Santoso mengatakan acara ini bagian upaya sosialisasi kewaspadaan pencegahan virus Corona ke masyarakat. Kasus virus Corona harus disikapi secara proposional dan profesional. Dia meminta masyarakat tidak perlu cemas dan panik secara berlebihan dengan merebaknya virus Corona. Tidak perlu ada aksi borong sembako maupun masker di masyarakat.

Acara Car Free Day diawali dengan kegiatan jalan sehat yang diikuti semua peserta. Setelah jalan sehat para peserta berkumpul kembali di jalan Merdeka atau di depan Alun-alun Kota Blitar untuk mengikuti senam bersama dan dilanjutkan dengan sosialisasi petunjuk cuci tangan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona

Kegiatan Car Free Day ini juga diisini dengan berbagai stand Salah satunya dari Polres Blitar Kota yang memberikan pelayanan kesehatan dan juga terdapat Pelayanan Sim Keliling dan samsat Keliling dari Satlantas Polres Blitar Kota.