Kapolsek Udanawu Polres Blitar Kota AKP Gawik Wahyuti, S.H. memerintahkan anggotanya untuk selalu rutin melaksanakan patroli di area persawahan yang ada di wilayah hukum Polsek Udanawu guna mencegah adanya gangguan Kamtibmas. Karena keadaan jalanan yang sering sepi dan lengang. Selasa (17/10/2023)

Diutamakan patroli di area persawahan yang jalanannya sepi dan lengang. Keadaan jalanan yang sepi ini tidak menutup kemungkinan untuk disalahgunakan oleh pemuda yang suka melakukan balapan liar di jalanan area persawahan. Hal ini dapat mengganggu dan membahayakan pengendara lain yang hendak melintas.

”Patroli ke area persawahan di lakukan untuk antisipasi dan pencegahan gangguan Kamtibmas karena keadaan jalanan Persawahan yang sering lengang dan sepi ini rawan digunakan untuk balapan liar oleh pemuda, maupun pencurian hasil panen atau tanaman siap panen milik petani.” tutur Kapolsek.

Selain itu, patroli dengan sasaran di lokasi persawahan untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) milik petani yang terparkir di pinggir jalan, maupun pencurian hasil panen.

Memang tidak disalahkan jika para petani ke sawah menggunakan sepeda motor, mengingat jarak dari rumah ke sawah juga cukup jauh tapi masalahnya jelas tidak mungkin mereka membawa motor ke dekat sawah karena
medan persawahan yang tidak bisa dilalui motor sehingga mereka parkir di tepi -tepi jalan. Serta himbaun kepada masyarakat dan para petani khususnya, agar selalu menjaga hasil panen maupun tanaman yang siap panen dari para pelaku kejahatan yang mengambil kesempatan ini.

Dengan di lakukannya patroli di area persawahan, akan dapat mencegah dan mengantisipasi adanya gangguan Kamtibmas dan tindak kriminal.