Akhir-akhir ini hujan yang melanda wilayah Blitar secara terus menerus mengakibatkan tingginya aliran air di sungai. Ini perlu diwaspadai sebab dapat mengancam keberadaan masyarakat di sekitar aliran sungai yang dilewati air tersebut. Untuk itu Polsek Udanawu terus berpatroli saat sore hari mengecek setiap sungai di wilayah Udanawu. Rabu, 19 Oktober 2022.

 

 

Berikut adalah saat-saat anggota Polsek Udanawu melakukan pengecekan di sungai Desa Tunjung nampak cukup biasa namun ketika terjadi hujan yang deras dapat tinggi sampai batas. Hal ini akan dikoordinasikan dengan pemdes setempat untuk menindaklanjuti dan mengingatkan kepada masyarakat supaya waspada.

Di sungai-sungai wilayah Udanawu hampir semuanya memiliki bantaran yang besar jadi bisa menampung air yang besar pula, jadi cukup untuk mengalirkan air saat musim hujan tiba. Di dam Desa Mangunan juga setiap hari dilakukan patroli untuk melihat kondisi air sungai apakah membahayakan atau tidak.

Masyarakat juga dihimbau untuk siap siaga musim hujan tiba untuk mencegah terjadinya banjir agar lebih banyak menanam pohon di sekitar aliran sungai berfungsi sebagai tanggul juga sebagai pengendali air yang baik karena dapat menyerap dalam jumlah besar pula.

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos “kesiapan Polsek Udanawu dalam menangani banjir atau pohon tumbang apabila terjadi siap peralatan dan orang serta kecepatan ke lokasi juga dengan kendaraan yang ada. Polsek Udanawu juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk siap siaga”. Ujar Kapolsek Udanawu