Antisipasi tindak kejahatan, kerawanan maupun mencegah kebakaran lahan di daerah persawahan yang menjadi salah satu fokus perhatian Polsek Udanawu. Salah satunya dengan mengintensifkan patroli ke kawasan persawahan dengan mengingatkan para petani agar tidak lalai mengamankan kendaraan maupun hasil panen mereka saat ditinggal beraktivitas.

Menyikapi kejahatan konvensional dan bencana kebakaran tersebut personil Polsek Udanawu juga memberi himbauan kepada petani yang sedang mengolah sawah dengan menyampaikan pesan kamtibmas terkait agar tidak membuang putung rokok sembarangan maupun meninggalkan pembakaran, supaya tidak terjadi kebakaran lahan.

Patroli ini digencarkan karena persawahan sangat rawan tindak kriminalitas maupun kebakaran lahan. Salah satu yang menjadi perhatian adalah pencurian kendaran bermotor milik para petani maupun hasil panennya.

Selama melaksanakan patroli ke bulak persawahan, masih banyak dijumpai petani yang abai dalam menjaga kendaraannya saat ditinggal ke sawah. Diharapkan para petani harus lebih berhati-hati dalam memarkirkan kendaraan bermotornya saat ditinggal menggarap sawah agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan dan merugikan.

Selain itu petani harus memastikan motor terparkir di tempat yang dapat dipantau dan harus dipastikan sudah dikunci, begitu juga dengan mengamankan hasil panennya.
Pelaku kejahatan biasanya memanfaatkan waktu saat petani sibuk menggarap sawahnya dan tidak terpantau.

Bahkan kelalaian petani dengan tidak mengunci sepeda motor atau lupa tidak mencabut kuncinya, dapat menjadi penyebab terjadinya pencurian. Diharapkan para petani dapat menjaga keamanan di area persawahan.