Polsek Sanankulon – Peran seorang anggota Bhabinkamtibmas di desa binaan cukup kompleks, selain sebagai penggerak harkamtibmas, Bhabinkamtibmas juga sebagai pendorong ekonomi kecil kreatif warga masyarakat di desa binaan. Apa itu ekonomi kreatif?. Ekonomi kreatif dapat diartikan sebagai sebuah konsep yang menempatkan kreativitas dan pengetahuan sebagai aset utama dalam menggerakkan ekonomi. Konsep ini menjadikan model utama dalam pengembangan sebuah perekonomian masyarakat.

Saat berpatroli, anggota Bhabinkamtibmas singgah di kediaman salahsatu pengrajin ukir ukiran yang ada di Desa Gledug. Kamis, 5 Dessember 2019. Kehadiran anggota Bhabinkamtibmas juga sebagai pendorong semangat dalam berkarya melalui kerajinan ukir dan memicu kreativitas dalam mengelola usaha sehingga dapat menopang ekonomi masyarakat. Keberadaan kerajinan ukir di masyarakat sebagai basis ekonomi kreatif menempatkannya sebagai lahan strategis dalam mengurai permasalahan atau tantangan sosial ekonomi yang terus berkembang. Selain itu, pelaku wira usaha seperti demikian ini mampu mendorong peningkatan pendapatan warga masyarakat, penciptaan lapangan pekerjaan baru dan tentu saja menyerap pengangguran.

Kapolsek Sanankulon AKP Agus Tri S, SH mengatakan bahwa tugas anggota Bhabinkamtibmas di Desa binaan tidak melulu soal keamanan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat. Di era kemajuan informasi dan teknologi saat ini menuntut seorang anggota Bhabinkamtibmas mampu melihat potensi sosial dan ekonomi yang ada di desa. Ketrampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu itu sendiri. Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa Ekonomi Kreatif dalam masyarakat adalah kegiatan ekonomi dengan kreativitas sumber daya manusia sebagai aset utama untuk menciptakan nilai tambah ekonomi. pungkas Kapolsek Sanankulon.