Polsek Sanankulon – Pandemi virus corona masih terus berlangsung, keberadaan virus tersebut yang tak terlihat membuat semua orang waspada dan melakukan berbagai upaya untuk memutus rantai peyebarannya. Tak terkecuali lembaga Pemerintah pusat hingga daerah. Berbagai upaya terus dilakukan guna mencegah penyebaran sekaligus langkah percepatan pemulihan kondisi disaat pandemi ini. Apalagi dalam waktu dekat sudah Hari Raya Idul Fitri dimana budaya dan tradisi masyarakat yang mudik ke kampung halaman masing masing. Pemerintah Desa Bendowulung Kecamatan Sanankulon hari ini Senin, 4 mei 2020 menggelar rapat koordinasi yang membahas langkah serta upaya pencegahan virus corona jelang hari raya yang melibatkan seluruh elemen perangkat desa tak terkecuali tiga pilar desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Dalam rapat koordinasi ini dibahas beberapa langkah salah satunya adalah pengaktifan pos kamling yang didalamnya ada Check Point yang diperuntukkan untuk mengecek warga yang kluar masuk ke desa. Tak dapat dipungkiri bahwa jelang hari raya ini para pemudik datang dari berbagai daerah pulang kampung ke desa. Pemudik ini sangat berpotensi membawa virus corona. Fungsi dan tugas dari pos cek point inilah yang melakukan pemeriksaan awal terhadap warga masyarakat pendatang yang akan masuk ke desa. Pemerintah desa juga sudah menyiapkan rumah isolasi bagi warga masyarakatyang baru datang dari luar kota atau luar daerah. Petugas cek poin inilah yang nantinya yang mendata dan selanjutnya mengarahkan ke rumah isolasi apabila dijumpai warga luar yang pulang kampung ke desa.

Secara umum Pemerintah pusat maupun daerah sudah melarang warga masyarakat untuk mudik pulang ke kampung halamannya saat hari raya. Kepala Desa Bendowulung Bp. Edy Subagyo mengatakan pandemi virus corona dibawa oleh manusia. Oleh karena itu pergerakan manusia dalam jumlah besar seperti mudik berpotensi menambah penyebaran virus ini ke desa desa. Sudah barang tentu kita rindu untuk bisa pulang kampung halaman. Namun yang lebih penting mari kita jaga kampung halaman kita tetap sehat dengan tidak mudik ke kampung. Oleh karena itu sebaiknya tidak melakukan perjalan jauh, sebaiknya tidak melakukan mudik. ungkap Kepala Desa Bendowulung.