Pemerintah Desa Bacem, Bhabinkamtibmas dan Babinsa bekerjasama dengan Tenaga Kesehatan Puskesmas Bacem, menggelar sosialisasi terkait pencegahan dan penanganan stunting.

Sosialisasi pencegahan dan penanganan stunting disampaikan kepada Kader Posyandu Desa Bacem, Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, Kamis (2/3/2023).

Brigadir Moch. Rendra selaku Bhabinkamtibmas Desa Bacem, menyampaikan, sosialisasi stunting dilakukan sebagai bentuk kepedulian dari Empat Pilar Desa Bacem guna menurunkan angka stunting di Wilayah Kec. Ponggok Kab. Blitar.

“Hari ini Empat Pilar Desa Bacem bersama Nakes Puskesmas Bacem memberikan sosialisasi kepada Kader Posyandu Desa Bacem tujuannya menekan angka stunting pada bayi dan mengantisipasi stunting sejak dini dan selanjutnya untuk disosialisasikan kepada masyarakat luas,” katanya.

Berbagai pengetahuan diberikan kepada Kader Posyandu untuk mencegah stunting. Diantaranya menjaga dan memberikan asupan makanan yang sehat dan bergizi kapada anak.

“Para orang tua diberikan edukasi untuk dapat mengamati perkembangan anak serta pastikan berat badan dan tinggi badan harus sesuai dengan usia anak,” katanya.

Selain itu, guna mencegah stunting para orang tua juga diminta untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan penerapan pola hidup sehat dan bersih di tengah keluarga.