Untuk mewaspadai dan mengantisipasi serangan penyakit DBD, masyarakat perlu menjaga kebersihan lingkungan di dalam rumah maupun di luar rumah kegiatan. Salah satu bentuk kegiatan yang efektif untuk tujuan tersebut adalah Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

 

Rabu (15/03/2023), Bhabinkamtibmas Desa Jatilengger Aipda Satriyo bersama Pemerintah Desa Jatilengger mendampingi Petugas Kesehatan UPT Puskesmas Ponggok dalam kegiatan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M+ di Balai Desa Jatilengger, Ponggok.

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dilakukan dengan cara 3M Plus yakni : 1). menguras yaitu membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi dan ember air, tempat penampungan air minum. 2). Menutup yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air. 3). memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

 

Selain Pemberantasan Sarang Nyamuk ada juga kegiatan PLUS, Adapun yang dimaksud dengan Plus adalah, segala bentuk kegiatan pencegahan. Seperti menaburkan bubuk larvasida/ abate pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah.

 

Aipda Satriyo menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat serta meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya hidup sehat.